Eskpor Timah Tidak Dilarang, Regulasi Diperketat

Firman    •    Jumat, 14 Juni 2019 | 16:30 WIB
Ekonomi
Didit Srigusjaya, Ketua DPRD Babel. (fir/wowbabel)
Didit Srigusjaya, Ketua DPRD Babel. (fir/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Regulasi pertambangan timah hingga perdagangan timah batangan yang makin ketat mengakibatkan perusahaan eksportir timah di Bangka Belitung tidak bisa melakukan ekspor. Para perusahaan pemurnian timah (smelter) swasta belum mampu memenuhi ketentuan yang dibuat pemerintah. Kecuali PT Timah Tbk, satu-satunya yang bisa melakukan ekspor sejak Januari-Mei 2019 karena sudah memenuhi ketentuan.

"Terkait regulasi ekspor timah yang begitu ketat sehingga  pengusaha smelter swasta tidak dapat melakukan ekspor. Sebenarnya tidak ada larangan ekspor sama sekali," kata Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung Didit Srigusjaya kepada wartawan usai memimpin Rapat Bamus DPRD Babel dengan Perwakilan Kementerian ESDM RI, Polda Babel, pihak surveyor, Dinas Pertambagan dan Dinas Perdagangan Provinsi Babel, Jumat (14/6/2019). 

Baca Juga : Ekspor Timah Swasta Terjegal Kepmen ESDM

"Hari ini kita, DPRD Bangka Belitung, sengaja mengundang dari pihak ESDM, Surveyor  maupun pihak Polda untuk  menanyakan larangan ekspor timah kepada pihak smelter swasta karena pihak pengusaha smelter terkesan bahwa seakan-akan terjadinya monopoli ekspor," kata Didit yang memimpin rapat didampingi rekannya Dedi Yulianto dan Toni Purnama.

Dikatakan Didit, setelah dijelaskan oleh pihak survey yang be



1   2