Kebut Pembuatan KIA, Disducapil Bakal ‘Jemput Bola’

Aston    •    Selasa, 02 Juli 2019 | 10:34 WIB
Lokal
Plt Kepala Disdukcapil Bangka Selatan, Amrullah.(as/wb)
Plt Kepala Disdukcapil Bangka Selatan, Amrullah.(as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com --  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mulai mengintensifkan pelayanan kepada masyrakat daerah setempat yang belum memiliki kartu identitas anak (KIA) dengan program jemput bola.

"Jadi semua pelayanan administrasi kami permudah, kalau itu bisa mudah kenapa dipersulit yang penting tidak menyalahi prosedur dan aturan yang ada," ujar Plt Kepala Disdukcapil Bangka Selatan, Amrullah, Selasa (2/7/2019).

Untuk mempermudah pembuatan KIA, Disdukcapil akan mengoptimalkan progran jemput bola hingga ke pelosok desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

"Rencananya pada Agustus nanti kami akan mulai pelayanan pembuatan KIA dengan sistem jemput bola hingga ke pelosok desa agar mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan," kata Amrullah.

Hingga Juni 2019, Disdukcapil mencatat penerbitan Kartu Identitas Anak di daerah itu hingga akhir baru mencapai sekitar 4,1 persen.

"Penerbitan KIA baru kami mulai tahun ini dan sampai akhir Juni baru mencapai 4,1 persen ," imbuh Amrullah.

Ia mengatakan, KIA  merupakan kartu sementara bagi anak anak dan remaja yang berumur 0 sampai dengan 17 tahun sebagai identitas diri pengganti KTP elektronik.

Persyaratan untuk pembuatan KIA orang tua cukup membawa kartu keluarga sebagai dasar untuk penerbitan KIA.

"Bagi anak yang belum wajib KTP maka diterbitkan KIA sebagai identitas s



1   2