Soal Zirkon Tertahan di Pelabuhan Pangkalbalam, Erzaldi : Itu Harus Ditindak Tegas

Tim_Wow    •    Rabu, 10 Juli 2019 | 18:42 WIB
Ekonomi
Erzaldi Rosman, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (wowbabel)
Erzaldi Rosman, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, meminta pihak berwenang menindak tegas segala bentuk pengiriman mineral ikutan timah, seperti Zirkon ataupun jenis lainnya, sebelum memiliki izin lengkap alias legal.

Hal tersebut diungkapnya, menanggapi soal tertahannya ribuan ton mineral ikutan jenis Zirkon di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, karena belum menyerahkan dokumen yang diminta oleh pihal Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, sejak Senin (8/7/2019) kemarin.

"Kalau itu ilegal harus ditindak tegas," kata Ezaldi, usai menghadiri acara perayaan puncak HUT Bhayangkara ke-73 di gedung Tribrata Mapolda Babel, Rabu (10/7/2019).

Kendati begitu, tegas Erzaldi, Zirkon bisa dikirim keluar daerah, asalkan ada peraturan yang jelas mengaturnya, semisalnya melalui Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Gubernur (Pergub) yang sudah ada.

"Yang pasti Pergub dan Perda sudah ada, tapi saya tidak tahu apakah sudah ditandatangani atau belum,"ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pengiriman barang tersebut harus membawa manfaat bagi daerah, bukan hanya perusahaan.

"Boleh dikirim, tetapi mereka harus investasi alat dulu. Dalam arti kata jangan mereka hanya mengirim, tapi tidak pernah mau mengupgrade, karena didalam Perda itu mereka perusahaan pemurnian mineral ikutan ini harus sudah berinvestasi alat," jelasnya.

Menurutnya,



1   2