VIDEO : PDAM Tirta Bangka Siap Hadapi Kemarau

Dwi H Putra    •    Rabu, 10 Juli 2019 | 19:22 WIB
Video Kite
Video kesiapan PDAM Tirta Bangka menghadapi musim kemarau. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bangka menyatakan siap menghadapi kemarau yang diprediksi terjadi sekitar tiga bulan kedepan, guna menyuplai air bersih kepada 10.500 an pelanggan se-Kabupaten Bangka.

 

Diungkapkan Direktur PDAM Tirta Bangka, Suhendra kepada wowbabel.com, mengatakan pihak selama beberapa tahun terakhir sudah mempelajari bagaimana menghadapi musim kemarau.

"Jadi tahun-tahun lalu menjadi bahan pelajaran bagi kami untuk menghadapi kemarau, mudah-mudahan tahun ini bisa dihadapi dengan beberapa upaya yang sudah disiapkan," kata Suhendra di Sungailiat, Rabu (10/7/2019).

"Kami juga sudah membangun embung di beberapa wilayah, termasuk memantau debit air di sumber air baku," ujarnya.

Suhendra menjelaskan dari delapan kecamtan se-Kabupaten Bangka, dalam menghadapi musim kemarau PDAM Tirta Bangka sudah melaksanakan splesi atau penambahan sumber air masuk seperti di Kecamatan Merawang sebanyak dua sumber, di Kecamatan Belinyu sebanyak tiga sumber untuk menambah sumber air baku yang sudah ada sebelumnya.

Sementara di Kecamatan Pemali bersumber dari Dam 1 dan Kolong Simpur sedangkan kecamatan lainnya dibangun embung.

"Kalau pengurangan debit air selama satu bulan memasuki musim kemarau ada, tapi tidak signifikan dibandingkan tahun sebelumnya," jelas Suhendra.

"Apalagi beberapa malam ini ada hujan walau



1   2