BWI Bangka Pertama di Kabupaten/Kota se-Babel

Dwi H Putra    •    Kamis, 11 Juli 2019 | 20:38 WIB
Lokal
Bupati Bangka, Mulkan SH MH ketika mengukuhkan pengurus Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Bangka. (Dwi HP/wowbabel)
Bupati Bangka, Mulkan SH MH ketika mengukuhkan pengurus Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Bangka. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Bangka Belitung (Babel), DR Abdul Ghofar, mengatakan BWI Kabupaten Bangka adalah BWI pertama di kabupaten/kota se-Babel, yang mana memiliki tugas menangani wakaf yang tak sekedar makam, musholla dan  masjid.

 

"Wakaf tak sekedar makam, mushola dan masjid saja, sekarang wakaf menyangkut benda bergerak bahkan polis asuransi," kata Abdul Ghofar di Sungailiat, Kamis (11/7/2019).

Luasnya soal wakaf telah merambah era milenial dan dari BWI Provinsi pun melakukan edukasi wakaf, penghimpunan pendataan/validasi aset wakaf yang telah ada.

"Banyak tanah wakaf yang belum terdata dan terdaftar baik oleh BWI maupun Kementrian Agama (Kemenag), hal ini karena tidak tahunya masyarakat adanya sertifikasi wakaf, apalagi sekarang banyak orang berebut tanah termasuk tanah wakaf," jelasnya.

BWI juga bertugas melakukan program pengumpulan aset wakaf dan program sahabat wakaf, sehingga ada program sampai kepada pengumpulan wakaf dana beasiswa untuk selanjutnya disalurkan kepada mahasiswa yang membutuhkan biaya pendidikan.

"Jika sudah terkelola diharapkan wakaf menjadi kemashalahatan bagi semua umat," paparnya Abdul Ghofar.

BWI berharap pemangku kebijakan seperti Bupati Bangka ntuk proaktif mengajak masyarakat berwakaf kapan dan dimana saja.

"BWI Kabupaten Bangka dikukuhkan atas dasar Surat Keputusan N



1   2