Pemkab Babar Diminta Segera Tetapkan Kriteria Warga Miskin

Chairul Aprizal    •    Jumat, 12 Juli 2019 | 11:26 WIB
Lokal
Ketua  DPRD Bangka Barat, Samsir.(rul/wb)
Ketua DPRD Bangka Barat, Samsir.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- DPRD Kabupaten Bangka Barat memenita pemda setempat untuk segera membuat kriteria dan syarat masyarakat kurang mampu dan miskin di Bangka Barat.

Menurut Ketua DPRD Bangka Barat Drs Samsir, hal tersebut berguna agar masyarakat Bangka Barat yang membutuhkan mendapat bantuan secara tepat dan menyeluruh.

"Sampai saat ini yang masalah kependudukan, penduduk orang miskin itu tidak jelas, kadangkala ada orang yang dikategorikan miskin dan kurang mampu tidak mendapatkan bantuan justru ada juga orang yang masuk daftar setelah disurvei ke rumah itu mampu," tutur Samsir, Jumat (12/07/2019).

Samsir menambahkan pemda saat ini harus meningkatkan validasi data di tingkat kabupaten hingga ke pemerintahan desa terkait warga yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan. Jangan sampai ada yang tidak terdata.

Bahkan dirinya sempat menemukan keluarga yang kondisinya memprihatinkan tetapi tidak masuk data bantuan sama sekali.

Tak hanya itu Samsir juga menanggapi Kepala Dinas Kesehatan yang saat ini kesulitan mengisi sisa kuota PBI (Penerima Bantuan Iuran) APBD BPJS Kesehatan sebanyak 4.672 orang lantaran tidak ada kriteria warga kurang mampu sebagai acuannya dan hanya mengikuti data kurang mampu dari pusat.

"Mengenai orang yang tidak mampu kalau saran kita minta coba dibuatkan data orang yang paling miskin, orang miskin, orang yang tidak mampu, coba diklasifikasikan jadi muncul angka," kata Samsir.

Lebih



1   2