Daftar Tunggu Haji Beltim Capai 535 Orang

Jurnalis_Warga    •    Sabtu, 13 Juli 2019 | 16:02 WIB
Lokal
30 calhaj asal Beltim berfoto bersama Bupati dan forkopimda. (Fauzi Akbar/Diskominfo Beltim)
30 calhaj asal Beltim berfoto bersama Bupati dan forkopimda. (Fauzi Akbar/Diskominfo Beltim)

MANGGAR, www.wowbabel.com - Berkurangnya jumlah kuota calhaj Kabupaten Beltim mendapatkan sorotan dari Bupati Beltim, Yuslih Ihza. Mengingat dari tahun ke tahun kuota calhaj asal Kabupaten Beltim terus berkurang.

Meski Indonesia mendapatkan tambahan kuota jamaah haji, dan diberikan 10 ribu tambahan untuk tiap Provinsi, namun khusus untuk jamaah haji Kabupaten Beltim jumlahnya terus berkurang. Tahun 2017 jamaah haji Kabupaten Beltim berjumlah 41 orang, tahun 2018 berkurang menjadi 35 orang. Sedangkan tahun 2019 ini hanya mendapat jatah 30 orang.

Yuslih mengatakan khusus untuk daftar tunggu calhaj dari Kabupaten Beltim sudah hampir mencapai 550-an orang. Jika diasumsikan tiap tahun hanya 30 orang yang dapat kuota, maka daftar tunggu baru akan selesai pada tahun 2040-an mendatang.

“Ini tidak bisa dibiarkan, jadi kalau kita mau naik haji terus daftar sekarang harus tunggu sampai 20 tahun, bisa-bisa ‘kelewatan’. Belum lagi yang mau daftar besok atau tahun depan,” kata Yuslih.

Dalam waktu dekat, Bupati dan Kepala Kantor Agama akan meminta baik kepada Gubernur, ataupun Kementerian Agama RI Dirjen Urusan Haji untuk menambah jatah kuota calhaj Kabupaten Beltim. Hal ini mengingat minat untuk ibadah haji di Kabupaten Beltim sangat tinggi.

“Kita lobi teruslah minta agar jatah ditambah. Masak mesti ONH Plus, yang harganya sampai 200-an juta,” ujarnya.

Calhaj Kabupaten Beltim pada



1   2