Soal Tambang Bauksit, Samsir: Jangan Buat Ketidakjelasan

Chairul Aprizal    •    Sabtu, 13 Juli 2019 | 19:17 WIB
Lokal
Ketua DPRD Bangka Barat, Samsir.(rul/wb)
Ketua DPRD Bangka Barat, Samsir.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Ketua DPRD Bangka Barat Drs Samsir menanggapi pernyataan Bupati Bangka Barat Markus,SH yang bertentangan dengan Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Drs Rozali terkait PT KSI yang ingin menambang bauksit.

Sebelumnya Drs Rozali yang mengatakan pemda mendukung PT KSI untuk membuka tambang bauksit namun tiba-tiba dibantah oleh Bupati Bangka Barat Markus bahwa pemerintah daerah tidak akan memberikan izin karena tidak punya kewenangan.

"Jadi gini pertama itu kalau seperti itu, ibaratnya itu janganlah membuat ketidakjelasan pada saat itu yang berbicara baik bupati maupun asisten dan sebagainya, inikan harus ada satu kata," ungkap Samsir.

Ketua DPRD Bangka Barat menginginkan pemerintah daerah harus satu kata dan saling koordinasi sehingga pernyataannya tidak membuat masyarakat bingung.

"Maksudnya tidak dibingungkan karena apa kita dengar juga pertemuan kemarin itu. Jadi hasil dari situ ya mengaminkan kalimat itu tadikan, intinya pemerintah itu satu katalah bahwa memberikan lampu hijau atau tidak," tutur Samsir.

Samsir menjelaskan jika masalah regulasi memang betul, masalah perizinan tambang bauksit adalah kewenangan provinsi.

"Cuma disamping itu kewenangan provinsi, daerah juga punya andil menentukan karena selaku pemegang wilayah, pemegang wilayahnya itukan Bangka Barat ini," ungkap Samsir.

Samsir menuturkan izin provinsi tetap harus koordinasi dengan kabupaten, disamping itu



1   2