Kunjungi Peserta Vernadoc Indonesia Bangka II , Suwito Terkagum-kagum

Chairul Aprizal    •    Jumat, 19 Juli 2019 | 09:49 WIB
Lokal
Para peserta  Vernadoc Indonesia Bangka II sedang sibuk menggambar di Rumah Mayor Tjung A Thiam di Muntok, Bangka Barat.(rul/wb)
Para peserta Vernadoc Indonesia Bangka II sedang sibuk menggambar di Rumah Mayor Tjung A Thiam di Muntok, Bangka Barat.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Memasuki hari ketiga Vernadoc Indonesia Bangka II, Kepala Disparbud (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) Kabupaten Bangka Barat meninjau para peserta di Rumah Mayor Tjung A Thiam Muntok Bangka Barat, Kamis  (18/07/2019).

Kepala Disparbud Bangka Barat, Suwito, mengaku kekagumannya terhadap semangat sekitar 32 peserta dari UI (Universitas Indonesia), mahasiswa Thailand, peneliti, dan dosen hingga kini tetap tiada henti menyelesaikan risetnya.

"Mereka terlihat fokus dan sibuk menggambar, mengukur, mengambil data terkait bangunan Rumah Mayor ini, luar biasa berangkat dari dana pribadi tertarik untuk mengambil riset, gambaran, dan data di sini itu luar biasa," ungkap Suwito.

Suwito mengatakan bangunan Rumah Mayor ini memang saat ini masih dalam naungan Provinsi Jambi dan belum bisa dibuka untuk umum lantaran pemilik rumah yakni keturunan Mayor Tjung A Thiam tinggal di luar negeri yaitu California, sehingga sulit untuk diambil alih.

"Ini ada Hendra keturunannya juga yang sekarang mengurusi bangunan ini, untuk sementara ini hanya bisa dipakai untuk kunjungan khusus saja,” imbuh Suwito.

"Tapi saya berharap agar kita semua elemen dan komunitas bersatu untuk mengangkat kebudayaan kita di Muntok, ini perlu dukungan bersama dan komitmen pemerintah juga," tutur Suwito.

Suwito menambahkan kalau hasil dari riset dan data serta gambaran yang dihasilkan oleh para peserta Vernadoc Indonesia Bangka II, ini na



1   2