VIDEO : Lima Ekor Sapi Qurban Terjangkit Cacingan

Endi    •    Selasa, 30 Juli 2019 | 15:40 WIB
Video Kite
Video pemeriksaan hewan Qurban. (dag/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Petugas dari Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, menemukan lima ekor sapi di Kota Pangkalpinang, terkena sakit cacingan.

Temuan tersebut didapati setelah petugas dari bidang peternakan Pangkalpinang, melakukan pemeriksaan kelayaakan hewan kurban, jelang perayaan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 atau 11 Agustus 2019.

"Hasil pemeriksaan dokter dari 700 ekor sapi ada lima yang terkena sakit cacingan," kata Kapala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Suyud, Selasa (30/7/2019).

Suyud mengatakan, daging hewan yang terjangkit cacingan tersebut tidak baik untuk dikonsumi, karena berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia.

"Hewan itu (sapi cacingan) memang tidak masuk dalam kategori hewan kurban. Untuk sementara sapi itu kita obati dan kita pantau terus, karena jika sampai dikurbankan dan dikonsumsi manusia sangat berbahaya bagi kesehatan," ujar Suyud.

Pihaknya, jelas Suyud, telah melakukan pemeriksaan lebih dari 13 pedagang hewan kurban yang ada di Kota Pangkalpinang, untuk mengetahui standar kelayakan hewan, yang meliputi pemeriksaan umur yang ditandai dari gigi hewan, mata hingga bagian fisik lainnya.

Kemudian lanjutnya, hewan yang sehat dan layak kurban diberi tanda penang dari bertuliskan Dinas Pangan dan Pertanian.

"Kegiatan pemeriksaan rutin kita lakukan dan



1   2