Penetapan Caleg Terpilih Tunggu Sidang MK 9 Agustus 2019

Firman    •    Rabu, 07 Agustus 2019 | 17:16 WIB
Pilkada
Ketua KPU Babel, Davitri. (dok/wowbabel)
Ketua KPU Babel, Davitri. (dok/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) belum bisa menetapkan calon legislatif (caleg) DPRD provinsi Babel terpilih, hingga proses persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2019 usai pada tanggal 9 Agustus nanti.

Ketua KPU provinsi Babel Davitri menuturkan, terkait penundaan penetapan caleg terpilih DPRD provinsi Babel tersebut, karena masih ada lokus gugatan caleg DPR RI yang ada di Bangka Belitung.

"Kita menunda penetapan caleg DPRD provinsi Babel itu, karena masih ada lokus gugatan caleg DPR RI yang ada di Bangka Belitung ke MK," kata Davitri, Rabu (7/8/2019).

Seharusnya, kata Davitri, untuk penetapan calon anggota DPRD Babel, yang terpilih sesuai surat edaran KPU, pada tanggal 22 yang lalu.

"Akan tetapi terkait penundaan tanggal 22 itu, kita juga sudah mengundang partai politik dalam rapat, kita menunda penetapan itu, karena ada gugatan DPR RI dapil Babel ke MK," jelasnya.

"Selain itu, Kita (KPU Babel) tergantung putusan Mahkamah Konsitusi (MK) pada tanggal 9 Agustus nanti. Misalnya jika masih ada yang harus diproses dan ditindaklanjuti, kita belum lakukan penetapan," imbuhnya.

"Namun jika tidak ada lagi gugatan, kita KPU Babel, akan mengelar rapat pleno pada tanggal 9 nanti, dan kemudian maka kita pun akan tetapkan segera," tukas Davitri. (Firman/wb)