Tiga Perkara Ini Bisa Batalkan Pelantikan 25 Anggota DPRD Basel

Aston    •    Selasa, 13 Agustus 2019 | 16:09 WIB
Lokal
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan (Basel) telah menetapkanĀ  25 anggota DPRD Basel terpilih periode 2019-2020 hasil Pemilu 17 April 2019. Nama-nama dewan terpilih itu tinggal menunggu jadwal pelantikan.

Namun, 25 nama anggota dewan terpilih itu masih ada kemungkinan gagal dilantik jika melanggar tiga perkara ini. Hal itu sebagaimana disampaikan Komisioner KPU Basel Bidang Teknis dan Data, Budi Wardoyo.

Budi mengatakan, tiga persoalan yang dapat membatalkan pelantikan 25 anggota dewan terpilih yakni, meninggal dunia, terjerat pidana khusus, dan diberhentikan oleh partai politik.

"Kemungkinan batal pelantikan yang pertama meningal dunia sebelum pelantikan, kedua terjerat kasus pidana khusus terkena OTT terkait tipikor, dan ketiga keanggotaannya sebagai partai politikĀ  diberhentikan," jelas Budi Wardoyo.

Disamping pembatalan, penundaan juga bisa saja terjadi jika nama-nama calon yang sudah ditetapkan oleh KPU tidak menyerahkan laporan harta kekayaan atau LHKPN kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).(as/wb)