Inspektorat Bangka Audit PT Pulomas

Dwi H Putra    •    Rabu, 14 Agustus 2019 | 16:20 WIB
Lokal
Kepala Inspektorat Bangka, Darius. (Dwi HP/wowbabel)
Kepala Inspektorat Bangka, Darius. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Inspektorat Kabupaten Bangka bakal melakukan audit terhadap PT Pulomas perusahaan tambang pengerukan pasir kwarsa di alur muara Air Kantung, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Jelitik Sungailiat.

"Hasil rapat bersama dengan Sekda, OPD terkait dan kejaksaan disepakatilah dalam rangka permohonan pengurangan pajak, batuan mineral bukan logam pasir yang dikirim PT Pulomas untuk sementara dilakukan audit," kata Kepala Inspektorat Bangka, Darius di Sungailiat, Rabu (14/8/2019).

"Audit ini terkait permohonan dari PT Pulomas untuk pengurangan pajak, sehingga dilakukan audit untuk pemeriksaan keuangan mereka," ujarnya. 

Diakuinya dalam hal pengurangan pajak diperbolehkan, ada pasal perpajakan dengan ada kriteria dan indikatornya, pertama terkait dengan pengelolaan keuangan permohonan pajak. 

"Pengurangan pasir yang mereka keruk terkait itu, bukan seluruh keuangan perusaan di audit, tetapi terkait kebutuhan pengurangan tadi, apa memang rugi atau tidak ada untungnya, termasuk kegiatan operasional, upah, sewa tongkang," jelas Thony. 

Ditambahkan Darius, selain pengelolaan keuangan juga akan melakukan audit terkait administrasi PT Pulomas, termasuk melihat titik koordinat izin tempat perusahaan itu mengeruk pasir kwarsa.

"Terkait admistrasi akan dilihat beberapa dokumen administrasi perizinan, masih berlaku atau tidak, kedua adanya tidak am



1   2