Harga Komoditas Lokal Anjlok, Ini Kata Erzaldi

Chairul Aprizal    •    Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:25 WIB
Lokal
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menanggapi anjloknya harga komoditas lokal, seperti karet, sawit, dan lada ketika diwawancarai usai menghadiri acara ziarah makam keramat di Muntok, Bangka Barat, Rabu (15/08/2019).

Erzaldi mengatakan anjloknya harga komoditas lokal ini bukan hanya terjadi di Bangka Belitung saja namun terjadi di seluruh dunia.

"Semua dunia, semua dunia, yang jelaskan usaha pemerintah adalah menaikkan produktivitas semua komoditi,” ujar Erzaldi.

Erzaldi menyatakan sedang dalam upaya agar harga komoditas lokal karet, sawit dan lada di Bangka Belitung naik nantinya. "Dengan naiknya produktivitas semua komoditi diharapkan nilai tukar petani itu juga jadi naik,” imbuhnya.

Erzaldi mengakui anjloknya harga komoditas lokal ini bukan hanya Bangka Belitung saja yang merasakan tetapi semua daerah dan dunia.

"Kalaupun turun, ya turun tidak signifikan karena kita tidak bisa, jangan lagi ya kita mengejudge (menyalahkan) harga, harga, harga," tutur Erzaldi.

"Kita jangan mau dibodohi oleh harga karena harga ini global tidak bisa kita kendalikan," timpal Erzaldi.

Gubernur Babel menyampaikan bukan permasalahan harga yang saat ini seharusnya dipertanayakan dan dikeluhkan.

"Harus jelas, yang harus kita camkan betul-betul, baik-baik adalah bagaimana kita meningkatkan produktivitas petani kita hasilnya lebih banyak dan nilai tukar petani, kalau nil



1   2