Minim Sumber Air Baku Pemdes Bangun Sumur Bor

Dwi H Putra    •    Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:57 WIB
Lokal
Kepala Desa Pagarawan, A Zainudin.(dwi/wb)
Kepala Desa Pagarawan, A Zainudin.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Minimnya sumber air baku bersih di kawasan Desa Pagarawan, membuat pemerintah desa (pemdes) setempat memutar otak supaya masyarakat di daerah itu dapat menerima air bersih.

"Tahun ini akhirnya kami mendapat bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupa pembangunan air bor sebesar Rp 400 juta," kata Kepala Desa Pagarawan, A Zainudin di Sungailiat, Kamis (15/8/2019).

"Kami dapat tawaran itu, langsung diambil dan mudah-mudahan bulan ini selesai dikerjakan, saat ini sudah 50 meter dari target kedalaman 125 meter," ujarnya.

Dijelaskannya berdasarkan hasil deteksi menggunakan alat listrik yang dilaksanakan tim dari Kementerian ESDM sebelumnya, lokasi pembangunan bor di Dusun Pal 9 sangat memungkinkan dengan sumber air yang besar.

"Kalau hasil tes dan dideteksi sumber airnya besar, sehingga pembangunan dilaksanakan di Dusun Pal 9 walaupun daratannya tinggi," jelas Zainudin.

Pembangunan sumur bor itu nantinya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat seperti posyandu, masjid, mushola, sekolahan dan masyarakat umum. 

Diakuinya di Desa Pagarawan memang banyak kolong atau kolam air baku tetapi air payau, sehingga tidak bisa digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

"Tahun depan kami akan dapat bantuan dari PAMSIMAS Pemkab Bangka untuk pembangunan jaringan ke masyarakat," tukasnya.(dwi/wb)