Pemdes Pagarawan Segera Operasikan "Berkah Mart"

Dwi H Putra    •    Kamis, 15 Agustus 2019 | 12:25 WIB
Lokal
"Berkah Mart" yang bakal dikelola BUMDes Pagarawan akan dioperasikan Oktober 2019 ini.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Pemerintah Desa (Pemdes) Pagarawan Kabupaten Bangka segera mengoperasikan "Berkah Mart" yang dibangun dilahan milik desa seluas 10,5 m x 3 m menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2019 sebesar Rp 104.750.450.

"Ditargetkan pada bulan Oktober ini sudah operasional, sebab perlu persiapan lainnya seperti pengadaan barang harus diajukan ke BUMD provinsi dulu sesuai petunjuk teknisnya," kata Kepala Desa Pagarawan, A Zainudin di Sungailiat, Kamis (15/8/2019).

"Anggaran pengadaan barang kan dari APBD provinsi, tinggal tanda tangan SP2D kapan bakal cair uang untuk pengoperasionalnya," ujarnya.

Selain sebagai toko bahan pokok, Berkah Mart Desa Pagarawan juga bakal memasarkan produk unggulan desa seperti jamur tiram, keripik singkong dan olahan masyarakat kecil di Desa Pagarawan.

"Pengelolaan nantinya diserahkan ke BUMDes, supaya dapat benar-benar terorganisir, kami juga bakal menyosialisasikan ke masyarakat soal Berkah Mart ini," jelas Zainudin.

"Intinya Berkah Mart ini dari masyarakat dan untuk masyarakat, artinya masyarakat berbelanja disini sisa hasil usaha nantinya masuk ke desa untuk pembangunan desa demi ke sejahterakan masyarakat," paparnya.

Ditambahkannya sistem member akan diterapkan dalam pengelolaannya, setiap masyarakat yang berbelanja di Berkah Mart nanti akhir tahun ditarik undian atau doorprize bagi masyarakat.

"Hal ini juga sebagai



1   2