Ibukota RI Pindah Ke Kalimantan

Tim_Wow    •    Jumat, 16 Agustus 2019 | 14:21 WIB
Nasional
Presiden RI Joko Widodo.(ist)
Presiden RI Joko Widodo.(ist)

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo memastikan ibu kota negara yang baru akan dipindahkan di Pulau Kalimantan.

Penegasan Jokowi pemindahan ibukota negara disampaikan dalam pidato kenegaraan dalam rangka HUT RI ke 74 dalam.sidang MPR RI, Jumat 17 Agustus 2019.

"Mohon izin pemindahan ibukota negara ke Pulau Kalimantan demi pemerataan dan demi visi Indonesia Maju," kata Jokowi sebelum menutup pidatonya.

Sebelumnya dalam rapat terbatas anggota Kabinet Kerja, Jokowi menyebut setelah turun ke lapangan dan mendapatkan kajian, meskipun belum selesai 100 persen, pilihan pemindahan ibu kota sudah mengerucut. Pilihannya jatuh pada pulau Kalimantan.

"Sudah semakin mengerucut dan pilihannya juga sudah jelas bahwa ibu kota negara akan dipindahkan di Kalimantan, di Kalimantan, provinsinya di mana, ini yang harus didetailkan lagi," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu menyatakan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga sudah menindaklanjuti pilihan provinsi yang dinilai berpotensi, seperti di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

"Nanti setelah dipaparkan secara detail akan segera diputuskan," ujarnya.

Lebih lanjut Jokowi meminta agar kajian yang berkaitan dengan kebencanaan, daya dukung lingkungan, ekonomi, demografi, sosial-politik, dan pertahanan-keamanan diselesaikan dan dirinci kembali.

Ia ingin keputusan nant



1   2