Ford Deluxe, Mobil yang Digunakan Bung Karno Selama Pengasingan di Bangka

Barly    •    Senin, 09 Oktober 2017 | 16:39 WIB
Travel
MOBIL BUNG KARNO -- Mobil Ford Deluxe 1948 merupakan kendaraan Bung Karno selama berada di pengasingan di Pulau Bangka.(wowbabel.com)
MOBIL BUNG KARNO -- Mobil Ford Deluxe 1948 merupakan kendaraan Bung Karno selama berada di pengasingan di Pulau Bangka.(wowbabel.com)

WOWTRAVEL -- Selama berada di pengasingan, Kota Muntok, Presiden RI Pertama Ir Soekarnao atau Bung Karno banyak meninggalkan barang-barang yang digunakannya sehari-hari. Sebagian besar dari barang-barang tersebut tersimpan di Giri Sasana Menumbing.

Salah satunya mobil plat BN 10. Konon dengan mobil tersebut, Bung Karno berkeliling Kota Muntok. Saat ini BN 10 tersimpan di ruang utama Paviliun Giri Sasana Menumbing.

Berwarna hitam dengan bemper warna putih. Sepintas masih terlihat asli, walaupun tampak sudah dicat ulang. Keempat bannya kempis dan pada body kiri kanan tertulis 'Dilarang Membuka Pintu Mobil Ini'.  Interior dalam sederhana sekali, hanya berwarna putih. Kacanyapun bening dengan delapan jendela, masing-masing satu di depan dan belakang serta tiga jendela kiri dan kanan.

Terdapat empat pintu, masing-masing dua di kanan dan kiri. Begitu juga dengan kursi dalamnya hanya dilapisi semacam pembungkus berwarna hitam. Sangat sederhana sekali untuk seorang pemimpin besar.

Berdasarkan catatan yang ada, mobil BN 10 tersebut keluaran tahun 1948, merek Ford Deluxe dengan menggunakan delapan selinder.

Mobil BN 10 dilengkapi dengan dua lampu besar di depan dan dua buah lampu kecil merah di belakang. Dibawah lampu besar depan terdapat dua buah lampu sen berwarna merah. Dilengkapi dengan aki bekapasitas 12 volt.

Mobil berbahan bakar bensin ini hanya memiliki kecepatan maksimal 160 kilometer per jam. Lumayan untuk



1   2      

Topik