IIKT Gelar Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

Anjar Sujatmiko    •    Jumat, 13 Oktober 2017 | 11:39 WIB
Lokal
ilustrasi, (net)
ilustrasi, (net)

WOWPANGKALPINANG -- Bertepatan dengan bulan peduli Kanker Payudara Internasional, Ikatan Isteri Karyawan Timah (IIKT) bekerja sama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase) dan RSBT  menyelenggarakan bincang-bincang dan deteksi dini yang mengambil tema Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara, di Graha Timah Kantor Pusat PT Timah, Kamis (12/10).

Digagas oleh Pengurus IIKT Pusat, acara ini merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam pengendalian kanker serviks dan kanker payudara. Acara ini juga dihadiri oleh ibu Ratnawati Jonan, Kajati Babel Happy Hadiastuti, isteri Kapolda Babel serta Ketua PKK Kota Pangkalpinang.

Ketua umum Ikatan Isteri Karyawan Timah Elise Riza Pahlevi mengatakan, kegiatan deteksi dini ini mempunyai tujuan mulia dan perlu terus ditingkatkan.

“Saya kira ini adalah wujud nyata kehadiran negara untuk masyarakat sehingga perlu diberi dukungan. Kami harapkan ke depannya kegiatan ini menjadi agenda tahunan sebagai bentuk kampanye dan edukasi yang berkaitan dengan kesehatan dengan lebih masif.

Elise melanjutkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari isteri-isteri karyawan timah dari wilayah Pangkalpinang, Sungailiat, Belinyu, Mentok dan Toboali serta dari PKK provinsi Babel, Pangkalpinang serta ibu-ibu Bhsyangkari dan mssyarakat umum ”ujar Elise.

Soaialisasi disampaikan oleh narasumber Dr. Nazif Sp. OG dari RS Media Stania Sungailiat berupa seminar dan tes IVA dan deteksi dini kangket serviks. Dalam kesempatan itu Dr. Nazif menyampaikan bahwa kanker serviks saat ini menduduki peringkat pertama kematian ibu di Indonesia. Sementara itu kanker payudara menempati peringkat ke-dua.

“Karena itu hari ini kita melakukan pemeriksaan dini untuk mengurangi tingkat kematian ibu karena kanker tersecbut,” ujarnya.

Setelah seminar acara kemudian dilanjutkan dengan deteksi dini dengan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan deteksi kanker payudara dengan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) kepada peserta kegiatan.

IVA test adalah deteksi dini kanker serviks dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) yang dilakukan oleh dokter ahli. Metode ini dilakukan dengan mengoleskan asam asetat ke leher rahim. Setelah itu dokter dapat menyimpulkan hasilnya apakah normal atau tidak guna memperoleh penanganan lebih lanjut.(atm)



Tags :
MEDSOS WOWBABEL