Tongkat dan Borgol Bukan Hanya Hiasan

Muri_Setiawan    •    Selasa, 28 November 2017 | 22:44 WIB
Lokal
Anggota Sat Sabhara Polres Bangka Barat sedang latihan menggunakan tongkat
Anggota Sat Sabhara Polres Bangka Barat sedang latihan menggunakan tongkat

WOWMUNTOK -- Tongkat dan borgol merupakan atribut wajib saat mengenakan pakaian dinas. Tongkat bukanlah hanya hiasan di tubuh polisi. Keduanya memiliki fungsi pertahanan maupun saat menyerang, bahkan harus melekat di tubuh anggota saat berdinas.

Begitu pula Sat Sabhara Polres Bangka Barat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan tongkat Polri dengan latihan dan terus berlatih tongkat Polri, Selasa (28/11/2017) di depan halaman Sat Sabhara Polres Bangka Barat.

Setidaknya terdapat gerakan-gerakan dalam memanfaatkan tongkat. Gerakan itu bukan hanya sekedar menggerakkan tubuh, namun ada fungsi bertahan dan menyerang. Terdapat 24 gerakan pertama sedangkan 20 gerakan kedua. Gerakan pertama untuk pertahanan, sedangkan gerakan kedua untuk menyerang.

Kasat Sabhara Iptu Edwar seizin Kapolres Bangka Barat menjelaskan kegiatan tersebut rutin dilakukan anggota untuk terus melatih kesigapan dalam bertugas.

"Pada latihan ini juga terdapat pelatihan saat perkelahian antara pelaku kriminal dengan polisi. Gerakan-gerakan perkelahian untuk melumpuhkan pelaku kejahatan merupakan kombinasi dari gerakan drill tongkat Polri," tukas Iptu Edwar.(ham)




Topik