Lempah Kuning di BBFF

Endi    •    Kamis, 07 Desember 2017 | 18:39 WIB
Travel
Lomba masak Lempah Kuning di Bangka Belitung Food Festival. (Yanto/Wow Babel)
Lomba masak Lempah Kuning di Bangka Belitung Food Festival. (Yanto/Wow Babel)

WOWKULINER - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang terkenal akan keindahan alamnya, ternyata banyak menyimpan keunikan lain, salah satunya kuliner.

Kuliner yang paling khas dan paling top di Kepulauan Babel adalah Lempah Kuning, kuliner berbahan dasar Kunyit yang juga memiliki beragam cita rasa. Untuk itu guna mengenal ragam cita rasa tersebut, digelarlah Bangka  Belitung Food Festival (BBFF), di Citra Land Botanical City, Pangkalpinang, Kamis (7/12/2017).

BBFF digelar selama tiga hari mulai hari ini hingga Sabtu (9/12/2017) mendatang. BBFF diawali dengan lomba memasak Lempah Kuning yang diikuti 60 peserta perwakikan restoran dan rumah makan dari berbagai wilayah di Babel. Kegiatan ini juga langsung dihadiri Master Chef Indonesia Desi Trisnawati dan Chef Eddrian Tjhia sekaligus menjadi juri dalam perlombaan.

Chef Desi mengatakan, Lempah Kuning sengaja dipilih dalam festival kali ini karena ikon kuliner Babel. 

"Dengan kuliner membuat orang dari luar akan berkunjung ke Bangka Belitung, karena kuliner merupakan salah satu mata tombak pariwisata," kata Chef Desi, dijumpai di sela-sela kegiatan.

Ia menjelaskan, dalam perlombaan tersebut, ada tiga kriteria yang dinilai oleh tim juri yakni cita rasa, inovasi dan persentasi.

"Orang harus membuat sesuatu yang berbeda, karena orang begitu melihat fotonya saja orang akan langsung tertarik untuk mencoba," jelasnya.

Lempah Kuning yang berbahan da



1   2