80 Persen UMKM Hanya Bertahan Dibawa Lima Tahun

Endi    •    Kamis, 14 Desember 2017 | 21:15 WIB
Ekonomi
Direktur Action Coach Indonesia, William.(ist)
Direktur Action Coach Indonesia, William.(ist)

WOWPANGKALPINANG -- Direktur Action Coach Indonesia, William menyebutkan, angka kemampuan survival UMKM di Indonesia terbilang sangat kecil. Berdasarkan data yang dimiliki action coach angka pertumbuhan UMKM setiap tahunnya di tanah air cukup tinggi, namun sekitar 80 persen UMKM tersebut tidak mampu bertahan lebih dari lima tahun dan mengalami kebangkrutan.

Hal ini diungkap William, usai memberikan materi dalam kegiatan bisnis bootcamp wirausaha yang digelar selama empat hari, mulai 11 hingga 14 Desember, di Soll Marina Hotel, Pangkalanbaru, Kamis (14/12/2017).

Kegiatan ini merupakan prakarsa Kantor Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung dengan menghadirkan pemateri dari konsultan bisnis UMKM yang tergabung dalam Action Coach Indonesia dengan melibatkan 30 pengusaha UMKM yang menjadi binaan Bank Indonesia Perwakilan Babel`

Selama empat hari para interpreuner ini diberikan materi berupa strategi bisnis serta trik-trik untuk mengembangkan usaha mereka masing-masing, sehingga dapat tumbuh dan berkembang yang kemudian dapat memberikan konstribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Yang kita berikan kepada peserta adalah podansi dalam berwira usaha, karena dari data kita di lima tahun pertama dari 100 UMKM yang memulai 80 persennya tutup," katanya.

Dirinya menyarankan agar pemerintah tidak hanya fokus pada merangsang lahirnya UMKM baru, namun juga perlu lebih proaktif untuk meningkatkan kemampuan UMKM, sehingga mampu b



1   2      

Topik