Cuaca Buruk, Harga Ayam Naik

Anjar Sujatmiko    •    Jumat, 15 Desember 2017 | 13:27 WIB
Ekonomi
Ilustrasi
Ilustrasi

WOWPANGKALPINANG -- Dinas Perdagangan dan Industri (Disperindag) Bangka Belitung terus melakukan pengawasan dan perkembangan terhadap stok bahan pokok yang beredar dipasaran. Apalagi sebentar jelang akhir tahun, bahan pokok kerap merangkak naik.

Dari hasil pantauan Disperindag mencatat ada sejumlah bahan pangan yang mengalami peningkatan harga seperti harga daging ayam, cabai besar keriting, dan telur ayam.

"Kalau hasil pantauan pasar memang ada kenaikan di beberapa bahan pangan namun kenaikan ini masih dibatas wajar," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Riza Aryani, Jumat (15/12/2017) saat ditemui di ruang kerjanya.

Riza menuturkan harga ayam mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Mengingat harga ayam telah diatur dalam harga eceran terendah (HET). Seyogyanya mengacu pada HET harga ayam diangka 32 ribu per kilogram, akan tetapi harga saat ini diangka 35 ribu per kilogram.

"Biasanya harga ayam dibawah 30 ribuan per kilo, namun saat ini harga ayam diangka 35 ribu per kilo. Kalau lihat dari HET ada kenaikan yang cukup tinggi berkisar 2.000 ribuan dari HET," katanya.

Riza mengaku pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan para peternak ayam yang ada di Babel. Berdasarkan hasil pertemuan tersebut mereka mengaku faktor buruknya cuaca saat ini menjadi salah satu faktor pemicu kenaikan harga yang signifikan.

"Kalau dari hasil pertemuan dengan peternakan ayam, mereka mengaku faktor buruknya cuaca menjadi salah satu faktor pemicu kenaikan harga ayam. Karena ayam ini sangat rentan dengan sakit dan mati, sehingga mereka menutupi biaya operasional yang cukup besar," ungkap Riza.

Sedangkan untuk beras dan gula tidak ada kenaikan. Harga beras dan gula masih berdasarkan HET. Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir karena stok bahan pokok cukup hingga tiga bulan ke depan.

"Masyarakat tidak perlu panik,jangan karena cuaca buruk mereka belanja yang berlebihan. Belanja lah secukupnya karena stok barang kita cukup hingga 3 bulan Kedepan," tukasnya.(atm)



Tags :
TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL