Hanta Yuda : PDIP Sebagai Pembela Wong Cilik

Abeng    •    Sabtu, 16 Desember 2017 | 12:42 WIB
Nasional
Hanta Yuda.
Hanta Yuda.

WOWNASIONAL - Pengamat politik dari Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menilai acara Rapat Koordinasi Nasional Tiga Pilar PDI Perjuangan sebagai strategi komunikasi politik untuk mencitrakan PDI Perjuangan sebagai partai yang membela rakyat kecil (wong cilik). Sedangkan tema rakornas tentang ekonomi berdikari untuk menyeimbangkan kekurangan dari pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di bidang ekonomi kerakyatan.

"Acara pembukaan menonjolkan petani dalam Rakornas PDI Perjuangan dalam strategi komunikasi untuk membranding sebagai partai wong cilik, pesan internalnya semacam mengingatkan pemerintahan Jokowi yang diusung PDI Perjuangan yang masih kurang kepuasannya di bidang ekonomi. Hal ini terkonfirmasi dengan hasil survey Poltracking, masih kurangnya kepuasaan pemerintahan Jokowi-JK di bidang ekonomi," kata Hanta Yuda dalam wawancara dengan MetroTV, Sabtu (16/12/2017).

Hanta menambahkan bahwa acara Rakornas hendak mengatakan ke publik kalau PDI Perjuangan yang masih kuat dengan kekuatan figur Bung Karno, Megawati, Jokowi, dan wong cilik yang saling melengkapi.

"PDI Perjuangan satu-satunya partai yang mengambil ideologi dari ajaran Bung Karno, tentang berdikari, kedaulatan, dan berkepribadian, ini yang menarik. Dan disampaikan dalam Rakornas yang pembukaannya menumbuk padi di lesung. Jelas ada pesan eksternal dan internal," ujar Hanta.

Acara Rakornas Tiga Pilar dibuka ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di ICE-BSD



1   2