Perindo Babel Lolos Verifikasi Faktual

Endi    •    Minggu, 17 Desember 2017 | 22:58 WIB
Pilkada
Logo Perindo.(net)
Logo Perindo.(net)

WOWPANGKALPINANG--Komisi Pemilihan Umum Bangka Belitung (Babel) didampingi Baswalu Babel, melakukan Verifikasi Faktual Partai Perindo DPW Bangka Belitung, di sekretariat DPW Perindo Babel, di Jalan A Yani, Pangkalpinang, Sabtu (16/12/2017) lalu.

Setelah dilakukan proses virifikasi faktual oleh Tim KPU dan Bawaslu, Partai Perindo dinyatakan memenuhi persyaratan.

"Sesuai ketentuan bahwa kami hari ini melakukan verifikasi faktual salah satunya adalah di Partai Perindo tingkat provinsi. Semua administrasi lengkap dan kita sudah memeriksa dokumen," ujar Ketua KPU Bangka Belitung, Fahrurrozi.

Pemeriksaan verifikasi faktual disaksikan oleh semua kepengurusan inti Partai Perindo. Beberapa yang di verifikasi meliputi struktur anggota inti masing-masing ketua, sekretaris, dan bendahara.

"Yang kami verifikasi faktual itu adalah terkait dengan KSP, yang wajib hadir ketua, sekretaris, dan bendahara. Kemudian kita faktualkan juga e-ktp, kartu anggota, domisili kantor sewa atau hak milik yang dibuktikan dengan dokumen sesuai ketentuan tahapan akhir pemilu, dan SK penetapannya," jelas Fahrurrozi.

"Maka dari itu, sudah kita verifikasi serta kita faktualkan lalu kemudian perwakilan perempuan 30 persen dan kita pahami ke Bawaslu bahwa semuanya sudah memenuhi syarat," sambungnya.

Menurutnya, perihal lolos atau tidaknya Partai Perindo Bangka Belitung untuk mengikuti Pemilu tahun 2019 mendatang tergantung KPU RI. Pihaknya akan menyampaikan hasil verifikasi mereka ke KPU RI.

"Perindo sudah memenuhi syarat dan lengkap. Karena ini sifatnya sentralistik ya, yang menentukan lolos atau tidaknya nanti adalah KPU RI, bukan ketetapan KPU Provinsi. Tugas kita di provinsi adalah melakukan verifikasi faktual dan nanti kita akan laporkan ke KPU RI dan melakukan pleno pada 21 Desember mendatang," tandasnya.

Ketua DPW Perindo Bangka Belitung Hermanto Phoeng mengatakan, di hari yang sama DPD Perindo Bangka Selatan, juga dinyatakan memenuhi syarakat, setelah dilakukan Verifikasi Faktual oleh KPUD setempat.

"Bersyukur Alhamdulillah Perindo Babel itu sudah lolos verifikasi faktual dan akan disampaikan oleh KPU Provinsi dengan laporan telah memenuhi syarat ke KPU RI," kata Hermanto.

Namun masih ada beberapa DPD Perindo di beberapa kabupaten/kota yang belum dilakukan verifikasi faktual.

"Di tingkat provinsi sudah selesai, jadi akan dilanjutkan ke tingkat DPD Perindo di Kabupaten Bangka Belitung dengan 7 Kabupaten/Kota dan setelah itu akan dilanjutkan juga faktual kepada anggota partai Perindo se-Bangka Belitung," tuturnya.

Menurut Aliong, sapaan akrabnya, semua syarat lengkap, dikarenakan koordinasi dan komunikasi sangat terbuka sebagaimana yang ditetapkan oleh KPU Bangka Belitung.

"Kita ucapan terimakasih kepada rombongan KPU, Bawaslu yang telah melakukan verifikasi. Karena memang dari awal kita menjalin komunikasi yang baik, dan kami rasa semua aman tidak ada kendala tinggal menunggu tim dari pada verifikasi KPUD dan Panwaslu setempat," tutupnya.(dag)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL