KPU Pangkalpinang Rampungkan Draft Pembagian Dapil

Anjar Sujatmiko    •    Selasa, 19 Desember 2017 | 20:54 WIB
Pilkada
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang telah merampungkan draft pembagian daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Pangkalpinang u
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang telah merampungkan draft pembagian daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Pangkalpinang u

WOWPANGKALPINANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang telah merampungkan draft pembagian daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Pangkalpinang untuk Pemilihan Umum Legislatif mendatang Draft tersebut akan disampaikan ke KPU Provinsi Bangka Belitung untuk dilakukan rekapitulasi lalu diserahkan ke KPU RI untuk dilakukan penataan dan menetapkan dapil.

"Kalau sudah ada penetapan dari KPU RI, baru KPU Pangkalpinang akan keluarkan Surat Keputusan (SK) untuk penetapan nya," ujar Ketua KPU Pangkalpinang M. Yusuf, Selasa (19/12 /2017) disela - sela rapat kerja dan simulasi penyusunan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Pangkalpinang tahun 2019 di Hotel Cordela, Pangkalpinang.

Yusuf mengatakan jumlah alokasi kursi DPRD Kota Pangkalpinang untuk Pileg 2019 mendatang masih tetap sama yakni sebanyak 30 kursi.

"Total alokasi kursi masih tetap sama yakni 30 kursi, karena penduduk Pangkalpinang kita hanya berkisar 200 ribuan," imbuhnya.

Jika dibandingkan pada data 2014, diakui Yusuf ada peningkatan jumlah penduduk hanya saja peningkatan tersebut tidak terlalu signifikan untuk menambah jumlah alokasi kursi.

Q"Memang ada peningkatan secara jumlah penduduk kalau dibandingkan tahun 2014, tapi jumlah ini tidak signifikan untuk menambah alokasi kursi," kata Yusuf. Perlu diketahui untuk menentukan jumlah kursi DPRD Kabupaten dan Kota berdasarkan jumlah penduduk. Jumlah penduduk 100 ribu alokasi



1   2