Natal 2017 di Indonesia Berjalan Lancar, Minus Ancaman Teror

ilustrasi.
ilustrasi.

WOWHUKUM - Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian mengimbau jajarannya selalu waspada terkait adanya potensi teror, di penghujung tahun 2017.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi M. Iqbal menjelaskan, pihaknya berprinsip tidak boleh meremehkan hal terburuk yang akan terjadi.

"Prinsip kami adalah tidak boleh underestimate kita harus selalu memperkiraan hal yang terburuk, itu adalah protap kepolisian," ungkapnya dilansir dari multimedianews.polri.go.id, Selasa (26/12/2017).

"Kami akan selalu melakukan all out dalam cara bertindak strategi pengamanan dimanapun berada dan dalam momentum apapun. Pada saat ini memang belum ada info jaringan terorisme akan melakukan aksinya, dan ini bukanlah serta merta bahwa kita santai," terangnya.

M. Iqbal mengatakan sebelum dilakukan Operai Lilin 2017, jajaran Polri melakukukan preventif dengan menggelar Operasi cipta Kondisi, Operasi Preman, maupun Operasi Nila Narkoba.

Dibandingkan dengan kejadian pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan Natal tahun ini relatif aman, tanpa adanya gangguan keamanan yang menonjol.

"Seluruh Nusantara, Seluruh Indonesia aman kondusif. Bahwa ini adalah kegiatan Natal dan harus kita pertahakankan sampai kapapan pun," ujarnya.

Senada, Asops Kapolri Irjen Pol. M Iriawan mengatakan keberhasilan tersebut berkat kerjasama Polri, TNI dan masyarakat.

“Alhamdulillah sejak kita pantau mulai malam kemarin hingga sore ini, perayaan Natal di seluruh Republik Indonesia aman. Tidak ada kejadian yan berarti. Hanya kecelakaan lalu lintas biasa saja,” sebutnya.

“Masyarakat turut membantu dalam menjaga keamanan dan toleransi antar umat beragama. Tidak ada itu, maka tak akan berarti pengamanan yang dilakukan kami,” ujar mantan Kapolda Metro Jaya ini.

"Perayaan Natal aman. Tinggal perayaan pergantian tahun. Kita fokus mengurai kemacetan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR-RI Taufik Kurniawan memberikan apresiasi terhadap langkah sigap Polri dalam pengamanan  perayaan Hari Raya Natal. 

Dikatakan Taufik, hal ini mencerminkan harmonisnya kebhinekaan yang ada di Indonesia.

"Hal ini harus diapresiasi, meski rasa aman dan nyaman merupakan hak setiap warga negara dalam menjalankan aktifitasnya," ujarnya.

"Aparat negara sudah siap dan sigap. Masyarakat tidak perlu khawatir," tutupnya.

 



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE