Aparat Waspadai Narkoba Beredar di Malam Tahun Baru

Endi    •    Kamis, 28 Desember 2017 | 15:49 WIB
Lokal
ilustrasi.
ilustrasi.

WOWPANGKALPINANG - Pesta pergantian tahun yang biasa dirayakan masyarakat dengan gegap gempita, dinilai rentan penyalahgunaan narkoba sebagai pintu masuk barang haram tersebut.

Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BNNP Babel) melalui Kabid Pemberantasan, AKBP Ichlas Gunawan mengatakan pihaknya akan menempatkan sejumlah personil untuk melakukan pengawasan hingga tes urine, di beberapa titik perayaan pergantian tahun baru, termasuk Tempat Hiburan Malam (THM) yang rentan.

Ichlas mengatakan, bahwa upaya menempatkan personil guna melakukan pencegahan dan pemberantasan peredaran dan penggunaaan barang haram di masyarakat. Keberadaan personil, nantinya akan ditempatkan di sejumlah lokasi yang rawan peredaran barang haram tersebut.

"Dari awal tahun sampai akhir tahun, tanpa kenal menyerah kami akan lakukan kegiatan, termasuk sampai penghujung akhir tahun, tepatnya saat malam pergantian tahun baru nanti kami akan mensiagakan personil," ujarnya kepada wartawan saat Konferensi Pers, Rabu (27/12/2017) sore. 

Pihaknya, lanjut Ichlas, akan melakukan koordinasi dengan BNN Kabupaten/Kota, Kepolisian, TNI dan juga pihak terkait lainnya untuk berupaya mencegah dan meminimalisasi penyalahgunaan narkoba menjelang pergantian tahun nanti. 

"Kami akan lakukan koordinasi bersama instansi terkait lainnya, untuk menekan penyalahgunaan narkoba ini, termasuk tempat hiburan. Tapi kita tidak ingin menggangu orang yang ingin mencari hiburan pada malam tahun baru," imbuh Ichlas.

Ia mengimbau agar pada pergantian tahun baru masyarakat mengisi dengan kegiatan positif dan menjauhi diri dari narkoba. Begitu juga, para pengusaha tempat hiburan malam menjadi lebih peduli menjaga tempat hiburannya masing-masing agar tidak menjadi sasaran empuk pihak tidak bertanggungjawab. Jangan sampai, pada malam tersebut dimanfaatkan pengedar narkoba untuk mengeruk keuntungan besar dari bisnis haramnya. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar pada malam pergantian tahun baru, lakukan kegiatan positif, jauhi hal-hal yang menjurus tindakan pidana narkoba," imbaunya.



MEDSOS WOWBABEL