Penerbangan Pangkalpinang - Jogja Membuka Peluang Wisata dan Usaha Mikro

ilustrasi.
ilustrasi.

WOWTRAVEL - Dibukanya rute baru penerbangan Pangkalpinang - Jogjakarta pp, mendapat apresiasi dari warga Bangka. Hari ini, Kamis (28/12/2017) penerbangan pertama sudah dilakukan oleh pihak PT Angkasa Pura II.

Agesti Angraini (21), warga Perumnas Bukit Merapin Pangkalpinang, yang juga seorang Mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajak Mada (UGM) ini, memuji terobosan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman yang berhasil meloby Lanud Adisucipto Yogyakarta.

"Senanglah Bang. Dengan adanya rute ini, kami para mahasiswa asal Babel yang kuliah ke Yogyakarta bisa menghemat biaya dan waktu saat mau pulang atau kembali ke Yogyakarta," ujar Anggi, Kamis.

Selama ini, tutur Anggi, banyak teman-temannya dari berbagai daerah yang sama-sama kuliah di Yogyakarta ingin berkunjung ke Babel. Namun, karena rute penerbangan yang masih panjang, apalagi jika harus melalui darat dari Yogyakarta ke Jakarta, membuat mereka mundur teratur.

"Mudah-mudahan dengan adanya rute langsung Yogyakarta-Pangkalpinang ini semakin membuat mereka penasaran berkunjung ke Babel," ujarnya.

Apresiasi terhadap upaya Gubernur Babel membantu membuka jalur baru Yogyakarta-Pangkalpinang (PP) ini juga disampaikan oleh netizen dengan akun Nasirah Laundry.

Menurut Nasirah, rute baru Yogyakarta-Pangkalpinang ikut berkontribusi pada usaha mikro di Babel. Adanya rute ini berbagai bahan olahan ataupun produk dari Yogyakarta bisa dengan mudah masuk dan dipasarkan ke Babel.

Sebaliknya, produk-produk UMKM dari Babel juga bisa dengan mudah dan cepat dipasarkan ke Yogyakarta.

"Pokoknya cionlah (bagus) apa yang telah dilakukan oleh gubernur kite Bapak Erzaldi ini," tukasnya.

Gubernur Erzaldi melakukan pertemuan dengan Komandan Lanud (Danlanud) Adisucipto, Marsma TNI Ir Novyan Samyoga MM, di Lanud Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (23/12/2017).

Kunjungan gubernur ini untuk memastikan percepatan izin rute Yogyakarta-Pangkalpinang. Hasil kunjungan Gubernur Erzaldi ini akhirnya membuahkan hasil terbang perdana Pangkalpinang-Yogyakarta pada Kamis 28 Desember 2017.

"Intinya pertemuan saya ke Danlanud untuk memastikan keinginan masyarakat Babel agar segera terbuka rute Pangkalpinang-Yogyakarta. Alhamdulillah akhirnya jadi," ucap Erzaldi.

Gubernur berharap, dengan dibukanya rute baru ini, maka akan mempermudah jalinan silahturahmi masyarakat Bangka Belitung dengan masyarakat Yogyakarta. Sebelumnya harus melalui Jakarta terlebih dahulu, mulai tanggal 28 Desember 2017 ini sudah bisa memperpendek jarak antara Bangka dan Yogyakarta.

"Saya yakin rute baru ini bisa juga akan memberi peluang kunjungan wisatawan dari Yogyakarta dan sekitar. Dengan begitu, secara tidak langsung akan berdampak kepada sektor wisata kita," papar Erzaldi.

Maskapai penerbangan Nam Air menjadi maskapai pertama yang  membuka rute baru Yogjakarta-Pangkalpinang PP ini.

Rute ini  akan dioperasikan empat kali dalam seminggu yakni setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. 

"Alhamdulillah, harapan kita akhirnya terealisasi, bahwa hari ini Insya Allah rute Yogyakarta-Pangkalpinang mulai dibuka," ucap Gubernur Babel Erzaldi Rosman. 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL