Unik, Buaya Ini Doyan Kerupuk

Endi    •    Minggu, 07 Januari 2018 | 23:13 WIB
Viral
Buaya makan kerupuk di Sungai Mancung.(dag)
Buaya makan kerupuk di Sungai Mancung.(dag)

WOWKELAPA --Melihat buaya makan daging atau pun ikan bukan hal biasa, namun dibagaimana jika melihat reptil ganas tersebut makan makanan yang tak lazim baginya.

Di Bangka Belitung, buaya liar yang hidup di alam bebas di Sungai Mancung, Desa Mancung, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Barat, mendadak bikin heboh warga.

Namun bukan karena ganasnya yang bikin heboh, tapi buaya ini kerap makan makanan yang tak lazim untuk seekor reptil ganas. Jika buaya suka bila dikasih makan daging atau ikan buaya ini justru makan kerupuk.

Menurut warga setempat, Fahri, buaya di sungai tersebut makan kerupuk sudah terjadi beberapa bulan belakangan.

"Setahu saya ada dua buaya yang sering keluar saat dilempari kerupuk," kata Fahri.

Ia mengatakan, tidak tahu persis penyebab buaya itu bisa doyan makan kerupuk, namun menurutnya, hal itu terjadi akibat seringnya penjual kerupuk keliling membuang kepingan kerupuk yang sudah kadaluarasa ke sungai tersebut.

"Awalnya karena panjual kerupuk sering membuang kerupuk yang sudah kedaluarsa ke sungai ini, jadi lama kelamaan buaya di sini jadi doyan makan kerupuk," ungkapnya.

Akibat ulah aneh reptil purba ini membuat warga yang penasaran ramai mengunjungi jembatan pada sungai mancung ini. Mereka bahkan tak segan membeli banyak kerupuk untuk memancing buaya keluar, sehingga menjadi tontonan menarik untuk mengisi waktu luang. Warga yang ingin melihat kemunculannya lebih lama, biasanya sengaja mengikat kerupuk dengan tali agar bisa ditarik ulur untuk mengoda buaya yang sudah ketagihan kerupuk.

Setelahnya, kerupuk dilempar ke dalam sungai, hanya dalam hitungan menit dipastikan sang raja sungai ini pun menampakan diri dan melahap kerupuk tersebut. Saking gemarnya makan kerupuk, buaya dengan panjang tiga meter lebih ini tidak pernah beranjak dari bawah jembatan dan sama sekali tidak terganggu dijadikan tontonan yang menghibur.

Meskipun hanya dua buaya yang sering muncul, namun diduga ada banyak buaya di sini, untuk itu warga diimbau untuk selalu waspada dan tidak merusak habitat tempat buaya ini hidup.(dag)



BACA JUGA
TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL