Sederet Mobil Ini Dinobatkan Paling Aman Sepanjang 2017

Pengujian keselamatan Volvo XC60 oleh Euro NCAP. (dok/www.euroncap.com)
Pengujian keselamatan Volvo XC60 oleh Euro NCAP. (dok/www.euroncap.com)

WOWOTO – Lembaga pengujian keselamatan kendaraan European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) merilis sejumlah kendaraan roda empat dengan tingkat keamanan terbaik di tahun 2017.

Ada 70 mobil yang masuk ruangan uji Euro NCAP, dan dinobatkan sebagai mobil teraman adalah Volvo XC60 generasi kedua.

XC60 yang merupakan kelas Large Off-Road, memperoleh poin peringkat tertinggi dengan 37,2 poin (98%) kategori Adult Occupant, 42,9 poin (87%) di kategori Child Occupant dan dalam hal Safety Assist 11,4 poin atau 95%.

Namun, dari semua kelas, mobil Volkswagen meraja di 3 kelas. Untuk Kelas Executive dimenangkan oleh VW Arteon, dengan 96% adult dan safety assist 82%.

Kelas Small Off-Road ada VW T-Roc, 96% adult dan 71% safety assist. Supermini diraih VW Polo, 96% adult, 85% child dan 59% safety assist.

Opel/Vauxhall Crossland X berada diatas semua kendaraan kelas Small MPV dengan 85% di kategori adult, dan safety assistnya 57%.

Mobil keluarga kecil (Small Family Car), milik Subaru XV dan Subaru Impreza, dengan nilai sama 94% di kategori adult, 89% child dan 68% safety assist.

Setiap tahun, Euro NCAP menerbitkan daftar mobil-mobil yang telah dilakukan pengecekan keselamatan yang terbaik di kategori masing-masing. Untuk menentukan Terbaik di Kelas, perhitungan dilakukan dari jumlah tertimbang dari nilai di masing-masing empat bidang penilaian: penumpang dewasa (adult occupant), penumpang anak (child occupant), Pedestrian dan Keselamatan (safety assist).

Jumlah ini digunakan sebagai dasar untuk perbandingan kendaraan. Mobil memenuhi syarat untuk 'Terbaik di Kelas' hanya berdasarkan rating mereka dengan peralatan standar keselamatan. peringkat tambahan berdasarkan peralatan opsional dikecualikan.

Sebagian besar model yang diuji pada tahun 2017 merupakan mobil yang baru dirilis ke pasar dan sebagian besar mencapai maksimum rating bintang lima.

“Selamat kepada Volkswagen! Untuk memenangkan terbaik di kelasnya dalam tiga kategori yang berbeda adalah prestasi besar dan menegaskan komitmen perusahaan untuk menyediakan tingkat keamanan tertinggi kepada pelanggan. Subaru dan Opel juga menawarkan produk-produk kelas-terkemuka sementara Volvo terus menegaskan reputasinya dalam hal keselamatan. Lebih luas, meskipun, itu mendorong untuk melihat begitu banyak mobil baru tampil sangat baik di semua bidang keselamatan,” demikian Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal Euro NCAP.

Euro NCAP menyelenggarakan tes kecelakaan pada kendaraan baru dan memberikan kepada konsumen otomotif penilaian yang realistis dan independen dari kinerja keselamatan dari beberapa mobil paling populer yang dijual di Eropa. Didirikan pada tahun 1997 dan didukung oleh beberapa Eropa organisasi Pemerintah, otomotif, konsumen dan asuransi, Euro NCAP telah dengan cepat menjadi katalis untuk mendorong perbaikan keamanan yang signifikan untuk desain mobil baru. 

Peringkat Euro NCAP ketat berlaku untuk kendaraan dari spesifikasi yang ditawarkan di Eropa. Peringkat tidak selalu berlaku untuk model yang ditawarkan di daerah lain, bahkan ketika dijual dengan nama yang identik, sebagai spesifikasi produksi dan peralatan dapat bervariasi.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL