Belum Semua Cawako dan Cawawako Serahkan LHKPN

Anjar Sujatmiko    •    Sabtu, 13 Januari 2018 | 14:44 WIB
Pilkada
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

WOWPILKADA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang masih menunggu para bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang untuk melampirkan surat keterangan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Ke KPK.

Komisioner KPU Pangkalpinang Wahyu Gusna membenarkan baru tiga orang bakal calon walikota dan wakil walikota yang telah melaporkan LHKPN ke KPK.

"Baru tiga bakal calon yang sudah melaporkan, satu bakal calon walikota dan duanya bakal calon wakil walikota," ujarnya.

Wahyu menegaskan Laporan Hasil kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) merupakan syarat mutlak bagi para bakal pasangan calon untuk maju dalam Pilkada serentak 2018.

"LHKPN ini syarat wajib perseorangan bagi calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilwako 2018 Pangkalpinang, maka akan kita tunggu, bagi yang belum melaporkan" tegasnya.

Berdasarkan hasil pantauan wowbabel.com di situs resmi KPK. Go. Id/id/pantau-pilkada-indonesia. Nama bakal calon walikota dan wakil walikota yang telah tercantum yakni Saparudin sebagai calon walikota, lalu Edison Taher selaku calon wakil walikota, dan M. Sopian selaku wakil walikota.

Sebelumnya, Humas KPK Febri Diansyah menuturkan KPK akan memberikan kesempatan bagi para calon kepala daerah yang belum melaporkan LHKPN.

"Pendaftaran LHKPN kita buka dari tanggal 2 hingga 19 januari 2018. Yang belum masih kita tunggu LHKPN nya," tuturnya.

Bagi calon kepala daerah yang sudah melaporkan, lanjut Febri mengatakan pihaknya akan melakukan cek dan klarifikasi langsung terhadap harta yang sudah di cantumkan dalam LHKPN.

"Kita akan lakukan pengecekan dan klarifikasi terhadap harta kekayaan yang sudah dicantumkan. Nanti hasilnya akan kita umumkan," tukasnya.(atm)

Halaman