Antisipasi Pedagang Nakal, Satgas Pangan Pasang Papan Aduan di Pasar

Endi    •    Selasa, 16 Januari 2018 | 13:02 WIB
Lokal
Kapolda Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Syaiful Zachri, menyapa salah satu warga di pasar tradisional di kota Pangkalpinang, beberapa waktu lalu. (yanto/wowbabel)
Kapolda Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Syaiful Zachri, menyapa salah satu warga di pasar tradisional di kota Pangkalpinang, beberapa waktu lalu. (yanto/wowbabel)

WOWPANGKALPINANG - Mengantisipasi oknum pedagang atau distributor nakal, tim Satgas Pangan berencana akan memasang pusat informasi Harga Eceran Tertinggi (HET), di setiap pasar yang ada di Bangka Belitung.

Pada papan pengumuman tersebut, direncanakan juga akan disedikan nomor layanan pengaduan yang memudahkan masyarakat melapor, jika ditemukan harga melebihi yang telah ditetapkan.

Hal ini disampaikan Kapolda Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Syaiful Zachri, di sela-sela sidak terhadap gudang Bulog dan gudang distributor beras, sore kemarin.

"Segala kemungkinan akan tetap di antisipasi oleh tim satgas pangan, termasuk kemungkinan oknum pangan maupun distributor yang melakukan kecurangan, menjual bahan kebutuhan pokok melebihi HET yang sudah ditetapkan," jelas Kapolda.

Untuk itu, kata Brigjen (Pol) Syaiful Zuchri, tim satgas pangan akan memasang papan pengumuman yang berisi HET sembako khususnya harga beras.

"Di setiap pasar nantinya akan di pasang papan informasi tentang HET di setiap pasar di Bangka Belitung, berikut nomor telpon pengaduan, sehingga masyarakat yang menemukan adanya oknum pedagang menjual di atas harga yang sudah ditetapkan, dapat di lapor untuk segera ditindak tim satgas pangan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda membantah adanya indikasi praktik oligopoli dalam tata niaga sembako di Bangka Belitung.

"Tim satgas pangan maupun jajaran dirkrimsus sudah melakukam investigasi terhadap kemungkinan tersebut dan tidak ditemukan adanya praktik oligopoli di Babel," tukasnya.



MEDSOS WOWBABEL