KPU Ciptakan Gerakan Coklit Serentak Nasional, Ini Dia Penjelasannya

Endi    •    Jumat, 19 Januari 2018 | 13:28 WIB
Pilkada
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

WOWPOLITIK -- KPU memiliki terobosan yakni membuat Gerakan Coklit Serentak Nasional yang bakal dilaksanakan pada 20 Januari 2018. Kegiatan ini merupakan satu langkah terobosan KPU, agar masyarakat dapat melihat bahwasanya tahapan pemutakhiran daftar pemilih dalam Pilkada Serentak 2018.

Satu tahapan yang sangat penting dan sangat menentukan kualitas tahapan pemilihan serta sukses atau tidak pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Pilkada 2018 ini merupakan pilkada terbesar sepanjang pelaksanaan Pilkada Serentak di Indonesia.

Pasalnya, Pilkada Serentak tahun 2018 ini di ikuti 171 daerah, yang terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten, dan salah satu daerah yang melaksanakannya yaitu Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.

Divisi Perencananaan dan Data Informasi KPU Pangkalpinang, Yusmayadi mengatakan untuk memastikan daftar pemilih agar tersusun dengan baik dan berkualitas. KPU akan melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) berguna meningkatkan kualitas daftar pemilih yang dihasilkan semakin lebih baik.

Menurutnya, untuk menghasilkan daftar pemilih berkualitas, tahapan proses coklit juga harus berkualitas, salah satu langkah yang dilakukan KPU adalah Gerakan Coklit Serentak dengan cara mendatangi rumah pemilih oleh seluruh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) secara serentak pada waktu yang sama yaitu pada 20 Januari 2018.

"Coklit serentak akan dilaksanakan secara serentak di daerah yang melaksanakan Pilkada 2018 di seluruh wilayah Indonesia nanti merupakan langkah nyata yang dilakukan KPU," ujarnya ditemui awak media di Kantornya, Jumat (19/1/2018).

Yusmayadi menjelaskan, seluruh Ketua dan Anggota KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, Ketua dan Anggota PPK, dan PPS akan bersama-sama dengan PPDP akan melakukan coklit ke rumah pemilih.

"Begitu juga Ketua dan Anggota KPU Bangka Belitung, Ketua dan Anggota KPU Kota Pangkalpinang, Ketua dan Anggota PPK serta Ketua dan Anggota PPS se Pangkalpinang akan mencoklit rumah pemilih," tuturnya.

Begitu juga tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Kota Pangkalpinang, mulai dari mantan Walikota Pangkalpinang, anggota DPD RI, anggota DPRD Bangka Belitung, Tokoh Agama, Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Politisi, Camat, Lurah, Pejabat Pemerintah Kota Pangkalpinang serta Tokoh Masyarakat lainnya yang terdaftar sebagai pemilih di Kota Pangkalpinang.

"Gerakan Coklit Serentak Nasional ini diharapkan dapat mengajak masyarakat, khususnya masyarakat Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung agar lebih berperan aktif sehingga daftar pemilih yang dihasilkan nanti semakin baik dan akurat," harapnya.

Tak hanya itu, Yusmayadi juga mengingatkan, masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih agar menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara nanti, sehingga mampu meningkatkan angka partisipasi pemilih di Kota Pangkalpinang.

"Selain itu masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih agar dapat melapor kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau dapat melapor kepada PPS yang ada di Kelurahan, sehingga dapat di daftarkan selama memenuhi syarat sebagai pemilih," imbuhnya.

Syarat dapat di daftarkan sebagai pemilih yakni WNI yang genap berumur 17 tahun atau lebih atau sudah/pernah kawin mempunyai hak memilih. Selain berumur 17 tahun atau lebih atau sudah/pernah kawin, syarat dapat didaftarkan sebagai pemilih yang tidak sedang terganggu jiwanya, dan tidak sedang dicabut hak pilihnya.

Menurut dia, Gerakan Coklit Serentak Nasional pada 20 Januari 2018, diharapkan mampu membuktikan kepada seluruh masyarakat Indonesia umumnya serta masyarakat Kota Pangkalpinang.

"Kami dari KPU selaku penyelenggara berkomitmen penuh untuk menghasilkan daftar pemilih yang semakin berkualitas. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya serta pelaksanaan Pilkada Serentak khususnya Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang Tahun 2018 semakin lebih baik," tukasnya.(dag)



MEDSOS WOWBABEL