Ketua Partai Bisa Dicoret Dari Calon Anggota Dewan

Abeng    •    Minggu, 21 Januari 2018 | 14:22 WIB
Pilkada
Rudianto Tjen. (ban)
Rudianto Tjen. (ban)

WOWPOLITIK -- Tak ada jaminan Ketua Dewan Pimpinan Daerah, Cabang dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan bisa melenggang sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019. Malah usulan pencalonan mereka akan dicoret oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai bila tidak bekerja maksimal untuk pemenangan Pilkada 2018.

Demikian dikatakan Wakil Bendahara DPP PDI Perjuangan Rudianto Tjen di depan 1.200 kader partai se-Kabupaten Bangka, Sabtu (20/1/2019).

"Hanya kader terbaik yang dicalonkan. Petinggi partai di daerah dan anggota fraksi yang melempem, tidak bekerja dicoret saja kalau mau mencalonkan lagi dipilih. Aturan partai sudah jelas," kata Rudianto saat acara Rapat Kerja Cabang Khusus (Rafercabsus) Pemenangan Pilkada Bangka 2018, Sabtu (20/1/2018).

Rudiantopun meminta kepada para Ketua DPD dan DPC PDI Perjuangan di Babel agar memantau dan melaporkan ke DPP, anggota fraksi dan pengurus partai yang tidak bekerja pemenangan Pilkada.

"Ketua DPD dan DPC catat anggota yang tidak turun, nanti saya akan katakan ke DPP jangan masukkan calon yang tidak bekerja bagi partai, calon yang tidak memperhatikan rakyat," tukas Rudianto.

PDI Perjuangan kata Rudianto, memerioritaskan kader terbaik untuk masuk dalam daftar calon legeslatif setiap tingkatan Kriterianya adalah yang tidak menentang aturan konstitusi partai, bekerja untuk partai seperti dalam Pilkada.

"Kader terbaiklah yang taat pada konstitusi partai, apalagi kader yang bekerja ditengah rakyat. Itulah yang kita prioritaskan, percuma ketua DPD atau DPC dan fraksi kalau tidak berbuat untuk rakyat dan untuk partai," ujarnya.

Menyongsong Pileg dan Pilpres 2019, Rudianto memerintah struktur partai untuk memenuhi segala aturan KPU untuk ditetapkan sebagai partai peserta Pemilu, termasuk kesiapan menjalani verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai.

"Jangan lengah, penuhi aturan mainnya, pengurus hingga anak ranting untuk solid dan bekerja untuk.partai," tambahnya.

KPU sedang mempersiapkan verifikasi terhadap 12 partai politik peserta Pemilu 2014 setelah keputusan Mahkamah Konstitusi mewajibkan verifikasi terhadap parpol lama.

Sesuai dengan tahapan Pemilu 2019, parpol peserta Pemilu baru ditetapkan pada Februari kemudian pengusulan bakal calon anggota legislatif pada bulat Maret dan Mei 2019 sudah dikeluarkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR dan DPRD usulan parpol.(ban)

Halaman