Begini Tata Cara Sholat Gerhana Bulan

Barly    •    Rabu, 31 Januari 2018 | 08:11 WIB
Viral
sumber: portal-islam.id
sumber: portal-islam.id

WOWVIRAL -- Gerhana bulan dalam bahasa Arab disebut “khusuf”. Saat terjadi fenomena alam ini umat Islam sangat dianjurkan untuk mengerjakan sholat gerhana atau sholat kusuf. Namun sholat kusuf walaupun dua rakaat namun cara mengerjakannya berbeda dengan sholat pada umumnya.

Berdasarkan keterangan situs NU Online, beginilah tata cara mengerjakan sholat khusuf:  secara umum pelaksanaan shalat gerhana matahari dan shalat gerhana bulan diawali dengan sholat sunah dua rakaat dan setelah itu disusul dengan dua khutbah seperti shalat Idul Fitri atau shalat Idul Adha. Hanya saja bedanya, setiap rakaat shalat gerhana bulan dilakukan dua kali rukuk. Sedangkan dua khutbah setelah shalat gerhana matahari atau bulan tidak dianjurkan takbir sebagaimana khutbah dua shalat Id.

Jamaah shalat gerhana bulan adalah semua umat Islam secara umum sebagai jamaah shalat Id. Sedangkan imamnya dianjurkan adalah pemerintah atau naib dari pemerintah setempat.

Adapun secara teknis, shalat sunah gerhana bulan adalah sebagai berikut:

1. Niat di dalam hati ketika takbiratul ihram.

2. Mengucap takbir ketika takbiratul ihram sambil niat di dalam hati.

3. Baca taawudz dan Surat Al-Fatihah. Setelah itu baca Surat Al-Baqarah atau selama surat itu dibaca dengan jahar (lantang).

4. Rukuk dengan membaca tasbih selama membaca 100 ayat Surat Al-Baqarah.

5. Itidal, bukan baca doa i’tidal, tetapi baca Surat Al-Fatihah. Setelah itu baca Surat



1   2      3