Menteri Hanif Hidupkan Semangat Galakarya Melalui Liga Pekerja Indonesia

Endi    •    Kamis, 01 Februari 2018 | 21:39 WIB
Sport
Hanif Dhakiri, Menaker RI. (yanto/wowbabel)
Hanif Dhakiri, Menaker RI. (yanto/wowbabel)

WOWPANGKALPINANG - Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia menggelar turnamen sepak bola bertajuk Liga Pekerja Indonesia (LPI) tingkat Provinsi Zona Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka menyambut Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei 2018.

Liga Sepakbola Pekerja Indonesia Zona Bangka Belitung dibuka langsung oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia (RI), Muhammad Hanif Dhakiri, didampingi Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah, Kedinasker Bangka Belitung, Ketua Apindo, Serikat Buruh, serta beberapa instasi terkait. 

Menaker RI Hanif mengatakan, dalam ajang Liga Pekerja Indonesia Zona Bangka Belitung ini diharapkan dapat memacu semangat kebersamaan antara pekerja dan pengusaha. Hal ini kata dia, menjadi moment penting untuk semua karena bisa saling melengkapi, bersinergi satu sama lainnya.

"Semoga acara Liga Sepakbola Pekerja Indonesia Zona Provinsi Bangka Belitung ini dapat berjalan lancar. Ini bukan kompetensi melainkan sarana membangun hubungan, berdialog, saling bersinergi antar pekerja dan pengusaha," ujarnya saat pembukaan Liga Sepakbola Pekerja Indonesia Zona Bangka Belitung, di Stadion Depati Amir, Kamis (1/2/2018). 

Hanif optimis, jika Liga Pekerja Indonesia (LPI) ini bisa meningkatkan kualitas, menjunjung tinggi sportifitas, dan dapat menciptakan bibit-bibit unggul di Bangka Belitung dalam olahraga khususnya sepakbola untuk bermain dikancah nasional. 

"Saya yakin dengan kompetensi ini, baik para pekerja serikat dan pengusaha dapat saling bersinergi. Arena tanding ini dapat meningkatkan kualitas dan mencari bibit-bibit baru sehingga dapat bermain di timnas, tentunya menjadi pertanda untuk memperebutkan juara dan saling fairplay," paparya. 

Maka dari itu kata Hanif, bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kementerian Ketenagakerjaan berupaya menghidupkan kembali semangat Galakarya melalui LPI.

Senada dengan Menteri, Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah menyatakan, ajang LPI untuk memperkuat iklim kondusif di lingkungan perusahaan, dan diharapkan dapat melahirkan atlet sepakbola potensial dari kalangan pekerja.

"Kita ingin menciptakan kondusifitas diantara pekerja dan perusahaan. Serta dapat menghasilkan atlet sepakbola potensial dari kalangan pekerja untuk bertarung ke kancah nasional. Oleh karena itu, saya ingatkan untuk saling meningkatkan rasa kebersamaan, fairplay, serta persatuan dan kesatuan," imbuhnya.

Sementara itu, sebanyak 13 perusahaan yang turut ambil bagian dalam pertandingan sepakbola yang akan berlangsung di Stadion Depati Amir, Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung. Ajang ini dimulai pada 1 Februari-10 Februari mendatang.

Dari 34 Provinsi yang menggelar LPI, hanya ada 9 Provinsi yang dihadiri Menteri salah satunya Provinsi Bangka Belitung. 

Sementara itu tim yang menang dalam Liga Pekerja Indonesia Zona Provinsi Bangka Belitung (Babel) ini akan mewakili Babel dalam Liga Pekerja Tingkat Regional.

"Liga Pekerja Indonesia ini rangkaian acara peringatan hari Buruh International pada Mei 2018 nanti, dan tingkat nasionalnya di bulan Mei, kita berharap nanti untuk yang regional Bangka Belitung bisa jadi tuan rumah," sambung Wagub. 

Sekadar informasi LPI akan digelar di 34 Provinsi dengan diikuti maksimal 16 tim di setiap Provinsi. Juara di setiap Provinsi akan diadu di delapan zona regional. Tim juara dari zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional. Selanjutnya babak semifinal dan final diadakan di Jakarta. Partai final akan digelar bertepatan dengan peringatan May Day atau Hari Buruh pada 1 Mei 2018.

Halaman