Wei Ya Ritual Tutup Tahun di Kelenteng Tao Zu Miao

Endi    •    Senin, 05 Februari 2018 | 16:35 WIB
Travel
Wei Ya yang digelar di Kelenteng Tao Zu Miao, Kamis (1/2/2018) malam.(dag)
Wei Ya yang digelar di Kelenteng Tao Zu Miao, Kamis (1/2/2018) malam.(dag)

WOWPANGKALPINANG -- Umat Konghucu di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, menggelar tradisi Wei Ya atau upacara penutup dari semua rangkaian ritual umat konghucu dalam satu tahun penanggalan Imlek.

Kegiatan yang di gelar di Kelenteng Tao Zu Miao, Kamis (1/2/2018) malam itu, merupakan wujud rasa syukuran kepada sang pencipta atas limpahan rezeki yang telah didapat selama satu tahun. Ritual ini merupakan suatu tradisi kebudayaan yang melambangkan syukuran ini tergolong unik dan sudah jarang dijumpai.

Suhu Tjhin Nam Sian (Thai Pak Sian) mengatakan, ritual ini bertepatan dengan Imlek 16-12-2568, yang mana umat Agama Konghucu melakukan ritual di tempat ibadah Tao Zu Miou telah berdiri sejak 30 tahun lalu itu, merupakan ritual rutin yang mereka gelar.

Dalam upacara ini, Thai Pak Sian didampingi para assistennya seperti Sudarmin (Atet) dan Tjien Le Ming melakukan serangkaian doa. Seketika suhu telah kerasukan dewa Kwan Shen Ti Chin (Kwan Kong) (Guan Yo), lalu melakukan atraksi pedang Kwan Tao yang diikuti dengan irama tabu gendang dari perkumpulan Barongsai Kong Chiang.

"Setelah atraksi pedang selesai, dewa Kwan Kong mohon pamit dan dilanjutkan lagi dengan kedatangan dewa kedua yang selalu memberikan berkatnya dan pesan kepada semua umat. Sekaligus menyakinkan Tuhan itu ada untuk menolong manusia," ujar Thai Pak Sian, ditemui di Kelenteng Tao Zu Miou di Pangkalpinang.

Mereka meyakini, kedatangan Dewa akan memberikan pertolongan, terutama pada kesehatan, rezeki, dan kesejahteraan.

"Jadi malam ini semuanya, pemeluk agama Khonghucu dengan hati bersih dan senang telah menerimakan syukuran sebagai rasa syukur terimakasih kepada Tuhan atas apa yang telah dikasih," jelasnya.

"Ritual yang kita lakukan ini kebetulan dewa merasakan suatu kegembiraan sebagai penganut agama di sini mendapatkan suatu kesehatan, dengan rezekinya. Dewa juga berterimakasih adanya penganut agama menggelar syukuran dengan manusia-manusia di bumi ini akan ritual sebagai rasa senang, dan bersyukur," ungkapnya.

Tokoh masyarakat umat Khonghucu, Sudirman (Atet), mengungkapkan, Wei Ya merupakan ritual penutup dari serangkaian ritual yang dilakukan umat Konghucu dalam satu tahun.

"Dewa juga berpesan agar kita semua sesama manusia saling rukun, negara jaya, dan sehat sentosa semua. Hari ini tepat pada imlek pada tanggal 16 bulan 12 (16-12-2568) inilah kita menggelar syukuran. Apa yang telah kita mohon, minta Tuhan menggabulkannya, dan sebagai rasa syukur kita penganut agama Konghucu harus berucap terimakasih," imbuhnya.

Ritual keagamaan ini juga dimeriahkan oleh aksi Barongsai Kong Chiang Dragon and Dance dari Kota Pangkalpiang.

"Aksi barongsai tadi dari masyarakat bernama Barongsai Kong Chiang Dragon and Dance, masing-masing barongsai ini berduyun-duyun datang sebagai partisipasi dari hati ke hati untuk menggelar syukuran. Karena memang dalam menyambut perayaan imlek, terkadang manusia itu ada rezeki dan juga ada sialnya, dengan makna yang sialnya kita buang, dan rezeki akan segera hadir. Jauh dari marabahaya, dan diberi keselamatan," papar Atet sapaan akrabnya.

Di sisi lain Pengurus Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Kota Pangkalpinang, Hendry Yansen alias Ahok, menambahkan, tujuan ritual syukuran keagamaan yang tak terlepas sebagai rasa syukur umat terhadap Tuhan. Karena pada dasarnya manusia harus berusaha, terpenting selamat, negara jaya, dan manusianya rukun.

9"Semua masyarakat berbaur di sini, artinya terbuka untuk semua. Teman-teman kita ikut berpartisipasi juga dan kita berharap ke depan supaya kegiatan syukuran tradisi budaya ini kita semarakkan terus khususnya di Kota Pangkalpinang, agar lebih dikenal lagi baik skala nasional maupun internasional. Kebudayaan ini akan kita pelihara sehingga menjadi daya tarik wisatawan harus dijaga dan dipelihara," harapnya.(dag)



MEDSOS WOWBABEL