Oji Mengaku Sudah Terima Hasil Verfak 16 Parpol

Endi    •    Selasa, 06 Februari 2018 | 11:52 WIB
Pilkada
Ketua KPU Provinsi Babel, Fahrurrozi.(net)
Ketua KPU Provinsi Babel, Fahrurrozi.(net)

WOWPOLITIK -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menetapkan Partai politik (Parpol) peserta pemilu pada tanggal 17 Februari mendatang.

Ketua KPU Provinsi Babel, Fahrurrozi mengatakan, sudah menerima penyerahan berita acara verifikasi faktual (verfak) 16 Parpol dari semua kabupaten/kota. Berita acara ini, lanjut Fahrurrozi, kemudian akan disampaikan ke KPU RI, untuk selanjutnya KPU RI akan mengumumkan hasil verifikasi dan penetapan parpol peserta pemilu pada 17 Februari 2018. Dilanjutkan dengan pengundian dan penetapan nomor urut parpol pada 18 Februari 2018.

"Berita acara verifikasi faktual ini sudah lengkap, selanjutnya akan disampaikan ke KPU RI dan penetapan dari KPU RI tanggal 17 Februari mendatang," kata Fahrurrozi, kepada wartawan, Senin (5/2/2018).

Fahrurri yang akrab di sapa Oji ini, mengungkapkan, sebelumnya verifikasi faktual sudah dilaksanakan oleh semua KPU kabupaten/kota di Babel. Hasil verifikasi menyatakan lolos verifikasi awal, yakni 12 parpol lama ditambah 4 parpol baru.

"Ada 16 parpol lolos verifikasi awal. Nantinya, keputusan akhir parpol dinyatakan dapat mengikuti atau tidak pemilu 2019 mendatang, ada pada keputusan KPU RI. Sementara KPUD kabupaten/kota hanya sebatas pembantu KPU RI dalam kegiatan verifikasi faktual parpol ini," jelasnya.

Perlu diketahui, verifikasi parpol kepengurusan pada tingkat pusat dan provinsi dimulai pada 28-30 Januari 2018. Dengan tahapan perbaikan verifikasi pada 1-2 Februari 2018.

Sedangkan untuk verifikasi parpol pada tingkat kabupaten/kota dimulai pada 30 Januari sampai 1 Februari. Dengan masa perbaikan terhadap hasil verifikasi pada 3-5 Februari 2018. Sementara itu, pesta demokrasi lima tahunan itu akan dilaksanakan pada tiga daerah di Babel, yakni Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung, dan Kota Pangkalpinang.

KPU Provinsi Babel sendiri, kata dia, berperan dalam hal supervisi dan monitoring terkait kesiapan logistik pihak penyelenggara KPU kabupaten/kota.

"Pada tanggal 12 Februari pengumuman dan penetapan pasangan calon Pilkada, setelah itu barulah pada tanggal 13 Februari nomor urut untuk masing-masing paslon. Tugas KPU Babel melakukan supervisi dan monitoring kepada ketiga daerah tersebut, terutama mengenai kesiapan logistik dari KPU kabupaten kota," tukas Oji.(dag)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL