16 Parpol di Babel Memenuhi Syarat

Abeng    •    Senin, 12 Februari 2018 | 19:33 WIB
Pilkada
Rapat pleno penetapan terbuka tentang hasil verifikasi faktual kepengurusan parpol di Kantor KPU Provinsi Bangka Belitung.(ban)
Rapat pleno penetapan terbuka tentang hasil verifikasi faktual kepengurusan parpol di Kantor KPU Provinsi Bangka Belitung.(ban)

WOWPOLITIK -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung menetapkan 16 partai politik calon peserta Pemilu 2019 menuhi syarat. Keputusan KPU setelah menggelar Rapat Pleno Terbuka Tentang Hasil Verifikasi Faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili dan keanggotaan parpol di seluruh kabupaten dan kota se-Babel, Senin (12/2/2018).

Meski ditemukan tiga parpol yang tidak memenuhi syarat di tingkat kabupaten/kota, secara keseluruhan, ketentuan 75% syarat minimal kepengurusan ditingkat kabupaten/kota sudah terpenuhi. Seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak mendaftarkan di Belitung, PKPI di Belitung Timur, dan PKB  di Bangka Barat.

"Sebanyak 16 partai politik di Babel memenuhi syarat dari hasil verifikasi faktual, karena syarat minimal kepengurusan partai politik di kabupaten/kota 75 persen sudah terpenuhi," kata Fahrurrozi, Ketua KPU Provinsi Babel dalam rapat yang dihadiri Ketua Nafasku Babel dan komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Babel.

Dari hasil rapat pleno ini, KPU Babel akan menyerahkan kepada KPU RI untuk selanjutnya ditetapkan sebagai parpol peserta Pemilu 2019. "Penetapan parpol sebagai peserta Pemilu ranah KPU RI, KPU di provinsi dan kabupaten/kota melakukan verifikasi faktual.kepengurusan partai, keterwakilan.perempuan, domisili kantor partai, dan keanggotaan partai politik," tukas Fahrurrozi.

Hasil pleno diserahkan kepada pengurus parpol tingkat provinsi dan Bawaslu Babel. Pada kesempatan pleno ini juga masing-masing pengurus partai untuk memberikan tanggapannya terhadap hasil verifikasi, termasuk tanggapan dari PSI, PKPI, dan PKB.

"PSI mengambil syarat minimal 75 persen kepengurusan tingkat kabupaten/kota, yakni di enam kabupaten. Untuk Kabupaten Belitung memang tidak kita daftarkan," ujar Budi Banes perwakilan PSI Babel.

Dari hasil verifikasi faktual ini juga tidak semua parpol memenuhi  syarat kepengurusan  30%  keterwakilan perempuan di tingkat kabupaten/kota. Namun tetap dinyatakannya syarat karena sifatnya hanya memperhatikan. "Kecuali kepengurusan parpol  di tingkat pusat wajib 30 persen keterwakilan perempuan," ujar Fahrurozi.(ban)

 

16 Parpol Calon Peserta Pemilu 2019  di Babel

1. Nasdem.

2. PKS

3. PKB

4. PBB

5. PDIP

6. Demokrat

7. PPP

8. Golkar

9. PSI

10. Perindo

11. Gerindra

12. Berkarya

13. Garuda

14. Hanura

15. PKPI

16. PAN



MEDSOS WOWBABEL