Incumbent Pakai Program Pemda, Panwas Diminta Tegas

Muri_Setiawan    •    Senin, 19 Februari 2018 | 21:32 WIB
Pilkada
Salah satu temuan KDPP Babel di sungailiat. (dok/kdpp)
Salah satu temuan KDPP Babel di sungailiat. (dok/kdpp)

WOWPILKADA - Gelaran tahapan Pilkada Serentak di tiga wilayah kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung (Babel), ternyata tidak berjalan mulus.

Komite Demokrasi Pemantau Pemiku (KDPP) Babel, menemukan sejumlah dugaan pelanggaran dengan penggunaan program pemerintah, yang menguntungkan salah satu calon terutama incumbent (petahana).

"Salah satu temuan kami Komite Demokrasi Pemantau Pemilu (KDPP) Babel di lapangan adanya baleho/billboard program pemerintah kabupaten Bangka yang menampilkan gambar/foto salah satu calon kepala daerah incumbent," ujar Feryandi, selaku Koordinator Pendidikan dan Pengawasan Pemilu KDPP Babel, di Pangkalpinang, Senin (19/2/2018).

Menurut Feryandi yang biasa disapa Komeng tersebut, hal ini merupakan salah satu dugaan pelanggaran Pilkada karena calon dari incumbent yang maju kembali sebagai kepala daerah, seharusnya tidak boleh lagi menampilkan gambar atau foto incumbent dalam kegiatan ataupun program Pemda.

"Berdasarkan aturan PKPU nomor 4 tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dalam Pasal 69 ayat (4) Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota dilarang menggunakan kewenangan, program dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Pasangan Calon baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan



1   2      3