Polda Babel Tangani 8 Kasus Cyber Crime di Awal 2018

Endi    •    Selasa, 27 Februari 2018 | 18:48 WIB
Lokal
ilustrasi
ilustrasi

WOWPANGKALPINANG - Tertangkapnya Rizki Surya Dharma, PNS di Puskesmas Pemkot Pangkalpinang, nenambah daftar penyebar  isu-isu provokatif atau berita fitnah alias hoax di Bangka Belitung.

Pria 35 tahun tersebut, diketahui ditangkap pada Senin (26/2/2018) oleh tim Direktorat Pidana Cyber Mabes Polri. Penangkapan tersebut, diakui Dirkrimsus Polda Babel, Mukti Juharsa, turut didampingi pihak Polsek terdakat.

"Penangkapannya sudah kemarin dilakukan oleh tim cyber crime Mabes Polri," kata Dirkrimsus Polda Babel, Mukti Juharsa, kepada awak media, Selasa (27/2/2018).

Menurutnya, kasus-kasus penyebar berita hoax sebelumnya sudah pernah mereka tangai, bahkan di awal tahun ini, kata dia, sebanyak delapan kasus telah mereka tangani.

"Di tahun 2018 ini saja, sebanyak 8 kasus pidana cyber crime berhasil kita ungkap," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya terus berpatroli di jagat dunia maya, guna memantau akun-akun di media sosial yang berpotensi menyebarkan berita-berita fitnah dan berpotensi memecah belah keutuhan negara serta cendung memicu terjadi konflik di masyarakat.

"Jadi tim kita, selalu memantau akun-akun media sosial baik facebook, instagram, akun-akun lainnya," katanya.

"Kita imbau tidak usah menyebarkan berita-berita yang gak benar apalagi sampai memfitnah, karena ada undang ITE yang mengatur. Ini kan jelang pemilu jadi jangan menyebar isu-isu negatif," tegasnya.