Awasi Pilkada, KETIK UBB Pantau Facebook, Twitter dan Istagram

Launching KETIK UBB di Puri 56 Pangkalpinang.
Launching KETIK UBB di Puri 56 Pangkalpinang.

WOWPANGKALPINANG – Ratusan mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bangka Belitung (UBB), Selasa (27/2/2018) kemarin melaunching Komunitas E-Partisipasi Ilmu Politik (KETIK) UBB  di Hotel Puri 56 Pangkalpinang.

Selain dihadiri para mahasiswa, launching KETIK UBB ini juga dihadiri pihak Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, KPU Provinsi Bangka Belitung, KPU Kota Pangkalpinang, KPU Belitung, KPU Bangka, Panwaslu Bangka, Panwaslu Pangkalpinang, Panwaslu Belitung serta sejumlah awak media.

Menurut Dekan FISIP UBB, Dr Ibrahim,  KETIK UBB adalah komunitas epistemic yang fokus pada partisipasi secara elektronik dengan titik  tekan pada pengawasan, assessment dan edukasi atas perkembangan situasi di media sosial selama Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Bangka Belitung.

“Ada tiga media sosial yang menjadi fokus perhatian, yakni facebook, twitter dan istagram. Karena madia sosial ini disinyalir menjadi salah satu sarana bagi berbagai pihak untuk mengkomunikasikan berbagai gagasan politik. Keterlibatan KETIK UBB nantinya bersifat  netral dan aktif,” jelas Ibrahim.

Ibrahim menambahkan, proses pengawasan ini berlangsung mulai pada masa kampanye dan akan diakhiri sesudah penetapan pemenang pilkada. Ekspektasi atas kiprah KETIK UBB diharapkan mampu mempromosikan prinsip-prinsip dasar dalam politik electoral, yakni bersih, berwibawa, berkualitas dan memperteguh integrasi antar elemen bangsa.

“No sara, prinsip dasar ini tertuang dalam aktivitas media sosial yang berkualitas dan jauh dari unsur perpecahan,” imbuh Ibrahim.

Lebih lanjut Ibrahim menjelaskan, KETIK UBB fokus pada tiga aktivitas utama yakni mengawasi potensi negative penggunaan media sosial melalui screenshot dan koleksi. Menilai kebermanfaatan media sosial untuk kepentingan pencitraan secara positif dan proposional melalui screenshot dan catat. Edukasi kepada publik luas melalui upload, share, tag dan comments.

“Hasil kerja program KETIK UBB akan disampaikan dalam bentuk rilis kegiatan sebanyak dua kali, yakni pertengahan masa kampanye dan menjelang masa tenang serta akan diakhiri dengan publikasi karya ilmiah sesudah rangkaian kegiatan pilkada serentak,” tukas Ibrahim.(atm)

 

 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL