Parpol Belum Akomodir Keterwakilan Perempuan

Endi    •    Kamis, 01 Maret 2018 | 19:17 WIB
Nasional
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise (tengah). (foto:yanto/wow)
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise (tengah). (foto:yanto/wow)

WOWPOLITIK - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise, mengkritisi sikap partai politik yang dinilai belum cukup mengakomodir keterwakilan perempuan.

Hal ini berkaca pada angka keterwakilan perempuan di parlemen yang baru berkisar 17 persen pada pemilu 2014 lalu. Angka ini diharapkan mengalami kenaikan pada pemilu 2019 mendatang.

Menteri Yohana mengaku, telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap indeks pemberdayaan gender (IGD) dan indeks pembangunan gender (IPG) di Indonesia. 

Peningkatan ini terlihat dari keterwakilan perempuan sebagai eksekutif dalam pemerintahan terutama kepala daerah, bahkan dalam pemerintahan Presiden Jokowi terdapat sembilan orang menteri perempuan termasuk Menteri  Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Pada pilkada serentak tahun 2018 ini,  cukup banyak perempuan yang maju sebagai kandidat kepala daerah baik yang diusung oleh partai politik maupun maju dari jalur independen.

Sayangnya hal ini tidak terjadi di parlemen, dimana berdasarkan hasil pemilu 2014, angka keterwakilan perempuan di parlemen baru berkisar 17 persen, jauh dari angka yang diharapkan yaitu sebesar 30 persen.

Kondisi ini menegaskan asumsi bahwa keterwakilan perempuan di partai politik, masih sebatas pemenuhan ambang batas minimum dan bukan didasarkan pada pengakuan terhadap eksistensi dan kredibilitas perempuan dalam berpolitik.

"Kalau IGD dan IPG mulai meningkat di jaman Presiden Jokowi. Yang menjadi masalah perwakilan perempuan di partai politik yang masih sangat kurang, dimana hanya 17 persen di tahun 2014, semoga di tahun 2019 nanti bisa 30 persen," kata Yohana Yembise, saat menggelar jumpa pers, di Novotel, Pangkalpinang, Rabu (28/2/2018).



MEDSOS WOWBABEL