Prof Asep: Keberagaman Itu Sunatullah

Logo Ansor
Logo Ansor

WOWPANGKALPINANG -- Keberagaman atau beraktivitas di Bangka Belitung adalah potensi besar yang bisa membawa kemajuan bagi daerah. Potensi inilah perlu ditata dan dijaga dengan salah satu instrumen yang disebut toleransi dan harmoni. Jika yang terjadi berupa intoleransi maka akan membawa kehancuran bagi Bangka Belitung.

Demikian dikatakan Prof Dr H Asep Seadil Muhtadi Msi Asisten Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung Jawa Barat sebagai nara sumber Focus Group Discussion Intoleransi Salam Relasi Politik Kuasa yang digelar PW GP Ansor Babel di Pangkalpinang, Selasa (13/3/2018).

"Sikap toleransi dan intoleransi sudah hidup sejak lama, dalam perkembangannya masyarakat semakin hetrogen. Bisa hidup dalam efektivitas itulah yang akan membawa kepada kebesaran suatu bangsa. Seperti Bangka ini ditata dengan baik sehingga mendukung masyarakatnya yang harmonis," kata Asep.

Dia menambahkan masyarakat Bangka memahami keberagaman di masyarakat adalah potensi besar yang akan membawa kepada kebesaran dan kesejahteraan.

"Rawat keberagaman dengan baik karena keberagaman itu sunatullah," ujarnya.

Keberagaman di masyarakat Bangka, lanjut Asep adalah tantangan cukup besar untuk dijaga di tengah himpitan sikap toleransi dan intoleransi.

"Pendiri bangsa ini sudah sangat bijak dan cerdas menemukan kata Bhinneka Tunggal Ika sebagai pengikat dalam kehidupan kita berbangsa," tukasnya.

Sikap intoleransi ini, kata Asep sudah ada sejak peradaban bangsa di dunia dan terjadi hampir disemua agama maupun ras. Sikap intoleran bersifat negatif karena reaksinya dengan kepentingan politik kekuasaan.

"Oleh sebab itu kalau digunakan kekuasaan akan membawa kepada kehancuran," tukasnya.

Hal serupa juga dikatakan pembicara lainnya Prof Dr H Hatamarrasyid MSI Direktur Pasca Sarjana STAIN SAS Babel. Bagi Hatamar masyarakat yang makin terbuka dan terdidik akan mampu menekan sikap intoleran ini.

"Penting akan pendidikan agar masyarakat makin cerdas dan bijak," tukasnya.(atm)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL