KONI Babel Persiapkan Atlet di Ajang PON Papua 2020

Ketua Umum KONI Babel, Elfandi.
Ketua Umum KONI Babel, Elfandi.

WOWPANGKALPINANG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan mengundang para atlet peraih medali dalam berbagai even, untuk duduk bersama terkait pembinaan atlet.

Tak hanya atlet-atlet berpresatsi, KONI Babel juga akan mengundang para pelatih, serta para atlet potensial, "Para atlet dan pelatih ini kita undang, untuk mendapatkan masukan dan saran. Juga kita ingin tahu langsung apa yang menjadi kendala mereka, entah itu soal sekolah, pekerjaan ataupun yang lainnya," ujar Ketua Umum KONI Babel, Elfandi, belum lama ini.

Dari pertemuan ini, diharapkan KONI Babel lebih tahu permasalahan para atlet dan pelatih. 

"Dengan demikian, program dalam rangka peningkatan prestasi atlet dan persiapan berbagai event olahraga baik di tingkat wilayah dan nasional, akan berjalan efektif," tukas Elfandi sembari menyebutkan, pada Bulan Mei 2018 mendatang, KONI Babel akan meluncurkan program Babel Emas.   

Terkait Babel Emas, Elfandi menyebutkan bahwa KONI Babel akan mempersiapkan 25 atlet potensial Babel dari hasil pemetaan terkini. Para atlet ini, merupakan atlet yang berpotensi meraih medali dalam ajang PON Papua 2020 mendatang.  Untuk itu akan ada tim yang menangani khusus program ini, termasuk untuk seleksi atletnya.

Bagaimana dengan atlet atau cabor lainnya yang tak masuk kedalam program ini?, "Tentu tetap kita akan bina dan perhatikan. Namun akan ada program khusus, semisal untuk cabor permainan, agar juga bisa berprestasi seperti untuk ikut PON Papua nanti," imbuhnya.

KONI Babel juga akan mengusulkan Peraturan Gubernur tentang penghargaan kepada atlet dan pelatih berprestasi, "Kita ingin agar para atlet dan pelatih yang memiliki potensi istimewa ini mendapat penghargaan yang sesuai dan sepadan," terangnya.

KONI Babel juga akan mengupayakan memanggil pulang para atlet yang sempat membela daerah lain, untuk membela Babel.

Menurut Elfandi, saat ini cukup banyak atlet potensial yang berasal dari Babel, namun membela provinsi lain, "Ada atlet-atlet yang berasal dari Bangka Belitung, namun tercatat sebagai atlet daeraah lain. Misalnya Catur, itu paling tidak ada tiga yang berstatus Grand Master, namun saat ini ada di Riau, Sumsel dan DKI. Demikian juga atletik, ada atlet junior yang berasal dari Babel, tapi saat ini membela DKI, karena sekolah di sana.  Ini yang ingin kita panggil pulang dan membela provinsi kita," bebernya.

Terkait Pekan Olahraga Provinsi 2018 di Bangka Tengah, KONI Babel juga akan segera berkoordinasi dengan PB Porprov Bateng, untuk segera mencapai progress tahapan PORPROV. 

"Kita ingin mengambil langkah-langkah agar bisa memenuhi target-target tahapan persiapan menuju pelaksanaan Porprov yang tinggal beberapa bulan lagi," kata Elfandi.

Elfandi menambahkan, KONI Babel juga akan memanggil Pengprov Cabor pada bulan Maret ini untuk membahas usulan anggaran dan program tahun 2018. 

"Sampai saat ini, baru 18 cabor yang sudah memberikan usulan anggaran dan program ke KONI Babel.  Nanti masing-masing pengprov akan kita undang dan kita bahas satu persatu," terang Elfandi.

 

DPRD Support KONI Babel

Komisi IV DPRD Babel, mendukung penuh KONI Babel untuk menyukseskan Porprov Bateng, Porwil Bengkulu 2019, dan PON Papua 2020. 

Hal ini menurut Elfandi disampaikan anggota KOMISI IV DPRD Babel, saat bertemu pengurus KONI Babel periode 2017-2021, yang baru dilantik beberapa waktu yang lalu. 

"Dewan juga sepakat untuk membantu KONI Babel agar memiliki sekretariat yang permanen, dan berupaya agar anggaran KONI Babel bisa ditambah. Kita sangat mengapresiasi dukungan DPRD kepada KONI Babel," kata Elfandi.

Dari Komisi IV DPRD Babel yang hadir antara lain, Wakil Ketua Komisi IV, Tanwin, Sekretaris Komisi Ariyanto, dan anggota Komisi IV lainnya yakni Hendra Apollo, Syamsirwan.  Sedangkan dari pengurus KONI Babel diantaranya Ketua Umum Elfandi, Sekretaris, Bendahara para wakil Ketua dan Ketua-ketua bidang. (rel/humas KONI Babel)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL