Selama Kampanye, Sudah 9 Temuan Dicatat Panwaslu Kota

Paslon peserta Pilwako Pangkalpinang 2018.
Paslon peserta Pilwako Pangkalpinang 2018.

WOWPOLITIK - Satu bulan masa kampanye telah dilakukan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pangkalpinang, mencatat ada sembilan (9) temuan yang dilakukan oleh pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang. 

"Selama pelaksanaan kampanye, masih banyak temuan yang dilakukan Paslon Cawako dan Cawawako Pangkalpinang. Kita catat ada 9 temuan yang kita terima," ungkap Komisioner Panwaslu Kota Pangkalpinang Luksin Siagian, S,E., Kamis (15/03/2018) di Sekretariat Panwaslu Kota Pangkalpinang.

Dijelaskannya, dari sembilan temuan pelanggaran yang ditemukan Panwaslu, semua bisa dilakukan pencegahan, sementara ada satu temuan yang masuk dalam ranah tindak pidana pemilu.

"Semua temuan ini sudah kita tindak lanjuti, satu diantaranyan ada yang masuk dalam ranah tindak pidana pemilu oleh salah satu pasangan calon Wako dan Cawawako Kota Pangkalpinang," jelas Luksin.

Untuk temuan terhadap paslon yang beriklan di media, Luksin menuturkan telah melayangkan surat teguran terhadap media yang bersangkutan.

"Sda dua temuan pemasangan iklan di media, sudah kita koordinasikan 1x24 jam dan ada pula yang kita berikan surat teguran," katanya.

Disinggung terkait Akun Facebook yang kerap digunakan untuk wadah berkampanye, Luksin mengatakan berdasarkan data Panwaslu, hanya ada empat akun FB paslon yang terdaftar. Meski demikan pihaknya tetap akan melakukan pengawasan terhadap akun FB yang tidak terdaftar.

"Untuk akun FB ada 4 yang terdaftar, sedangkan yang tidak didaftarkan jika dalam pengawasan ada temuan maka akan kita lakukan tindakan pencegahan yakni memberikan surat peneguran. Dan sudah ada yang kita layangkan surat teguran," tuturnya.

Diakui Luksin, saat ini Paslon sudah sangat berhati - hati dalam melaksanakan kampanye. Dirinya pun menegaskan pihak Panwaslu melaksanakan pengawasan kampanye sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa berpihak ke paslon manapun.

"Sementara ini kita lihat paslon sudah sangat berhati -hati dalam berkampanye. kita juga sebagai pengawas bekerja sesuai aturan yang berlaku. Kita tidak melihat orang atau siapa calonnya, tapi kita lihat bentuk pelanggaranya dan ini tetap akan ditindak lanjuti," ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh petugas kampanye untuk tetap berkoordinasi dengan Liasion Officer (LO) Paslon. Sehingga pada pelaksanaan kampanye bisa berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kita harapkan seluruh petugas kampanye untuk tetap berkoordinasi dengan LO Paslon. karena LO inilah merupakan penghubung paslon ke KPU. artinya mereka yang mendapatkan sosialisasi, dan pengetahuan tentang aturan KPU," tukasnya. (jar)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL