Pemilu Berintegritas Perlu Komitmen Keterbukaan Informasi

Komisioner KID dan KPU Babel.
Komisioner KID dan KPU Babel.

WOWPANGKALPINANG – Komisi Informasi Daerah (KID) Bangka Belitung, Sabtu (17/3/2018), melakukan Kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel.

Agenda kunjungan ini dalam rangka upaya menyamakan persepsi bahwa keterbukaan informasi adalah elemen penting dalam menentukan kualitas Pemilukada dan Pemilu 2019 mendatang. Hal ini dikatakan Ketua KID Babel Syawaludin, dikutip dari lama Facebooknya.

“Kita ingin ada persamaan persepsi antara KID dan KPU bahwa keterbukaan informasi adalah elemen penting dalam menentukan kualitas Pemilukada dan Pemilu 2019,” ujarnya.

Kunjungan KID ini dihadiri seluruh anggota komisioner dan diterima langsung oleh Ketua KPU Babel Fahrurozi.

Didalam pertemuan tersebut, ada lima poin yang disampaikan oleh KID Babel ke KPU Babel. Tentunya terkait komitmen KPU terhadap keterbukaan informasi publik dalam rangka pelaksanaan pemilukada, pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden.

“Perlu ada komitmen terhadap keterbukaan Informasi Publik, sehingga dalam penyelengaraan baik Pemilukada dan Pemilu 2019 mendatang dapat terselenggara secara berintegritas,” katanya.

Tidak hanya itu saja, Syawal pun meminta kepada pihak KPU Babel untuk berkomitmen atas hak masyarakat terhadap informasi publik yang menyangkut proses pelaksanaan tahapan pilkada, hak masyarakat terhadap informasi calon baik menyangkut visi misi program, rekam jejak calon, pelaksanaan kampanye.

Selain itu, KPU juga diminta untuk mampu mendorong Partai Politik peserta Pemilu 2019 untuk lebih terbuka, serta mendorong komitmen calon kepala daerah agar ketika terpilih nanti melaksanakan keterbukaan informasi publik dalam setiap lini pembangunan daerah. 

“Saat ini kita dihadapkan pada pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan, tentunya tidak hanya terkait pilkada serentak tapi juga pada pemilu 2019 mendatang. Maka perlu ada upaya dari KPU untuk mendorong para parpol peserta pemilu ini lebih terbuka. Serta mendorong calon kepala daerah agar ketika terpilih nanti melaksanakan keterbukaan informasi publik dalam setiap lini pembangunan daerah,” ucapnya.

KID Babel siap menyelesaikan sengketa informasi publik jika ada sengketa mengenai pemilukada dan pemilu legislatif serta pilpres. Dirinya pun berharap kunjungan kerja ini dapat ditindaklanjuti dalam bentuk MOU antara KID dan KPU Babel.

“Terkait penyelesaian informasi pemilukada, hal ini telah diatur dalam Perki No.  1 tahun  2014, tentang prosedur penyelesaian sengkela informasi pemilu. Saya harap masyarakat dapat memanfaatkan peraturan itu dalam rangka memperoleh haknya terhadap informasi, apabila ada kendala memperoleh informasi pemilu,” harapnya.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL