Mulya Tawarkan Program Ternak Lele Sistem Bioflock

ADVERTORIAL    •    Senin, 19 Maret 2018 | 12:44 WIB
Pilkada
Suhanda memperlihatkan Ikan Lele dari sistem peternakan menggunakan Bioflock. (Muri/wb)
Suhanda memperlihatkan Ikan Lele dari sistem peternakan menggunakan Bioflock. (Muri/wb)

WOWPILKADA - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka nomor urut 2, Mulkan dan Syahbudin, tak main-main dalam memajukan Kabupaten Bangka jika mereka terpilih.

Keduanya menyiapkan program ekonomi skala rumah tangga dan kelompok masyarakat, yakni budidaya Lele dengan teknik Bioflok.

Suhanda, salah satu pengelola ternak Lele mengatakan, ujicoba Lele yang dilakukan tim Mulya (Mulkan-Syahbudin) sudah memberikan hasil yang sangat baik.

“Beliau (Mulkan dan Syahbudin) melihat keadaan ekonomi yang mana tambang tinggal sekian persen saja. Lalu dibuatkan lah ekonomi baru dalam skala runah tangga lewat bioflock ini. Jadi nanti ikan lele, baung, nila, gurami bisa, disamping rumah pun bisa,” kata Suhanda, Minggu (18/3/2018) di lokasi Bioflock milik Mulya di kawasan Sinar Jaya kecamatan Sungailiat, Bangka.

Budidaya Lele ataupun ikan konsumsi lainnya di bioflock, ujar Suhanda, memiliki keunggulan seperti tidak membutuhkan lahan yang luas, lebih hemat air, dan padat tebar lebih tinggi. Selain itu produktivitas tinggi dan biaya produksi murah sehingga lebih menguntung.

Wadah Bioflock dirakit menggunakan besi las dilapisi terpal, membutuhkan biaya atau modal awal Rp1,5 juta dengan daya tahan wadah sampai 4-5 tahun. Kapasitas Bioflock ini bisa mencapai 5.000 ekor ikan dan tingkat panen 60-70 persen dalam waktu 1,5 bulan.

“Dari 5.000 ekor itu kita analisa dapat 4.500 ekor, kurang lebih sekitar 600 kg lebih. Dihit



1   2