Dinsos Babel Gelar Bimtap Pendamping Sosial KUBE

Jurnalis_Warga    •    Kamis, 29 Maret 2018 | 20:04 WIB
Lokal
Bimbingan dan Pemantapan (Bimtap) bagi pendamping sosial kelompok usaha bersama (KUBE) di Hotel Puri 56 Pangkalpinang, tanggal 27-29 Maret 2018. (ist)
Bimbingan dan Pemantapan (Bimtap) bagi pendamping sosial kelompok usaha bersama (KUBE) di Hotel Puri 56 Pangkalpinang, tanggal 27-29 Maret 2018. (ist)

WOWPANGKALPINANG - Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Bidang Penanganan Fakir Miskin menggelar Bimbingan dan Pemantapan (Bimtap) bagi pendamping sosial kelompok usaha bersama (KUBE) di Hotel Puri 56 Pangkalpinang, tanggal 27-29 Maret 2018.

Bimbingan dan pemantapan bagi pendamping sosial ini dilakukan untuk memberikan penguatan dan pembekalan dalam mendampingi KUBE, terkhusus untuk mempersiapkan KUBE di tahun 2019 bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yakni masyarakat yang merupakan lanjutan program seperti PKH, PBI, dan masyarakat yg termasuk dalam Basis DataTerpadu (BDT) penanganan kemiskinan. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Prov. Babel, M. Aziz Harahad, SH pada Selasa, (27/3/2018) didampingi oleh Kabid Penanganan Fakir Miskin, Kasie penanganan fakir miskin perkotaan dan narasumber pusat.

Dalam sambutannya, sebelum membuka kegiatan, Aziz memberikan pengarahan kepada para peserta agar serius dalam melaksanakan tugas pendampingan, karena begitu banyak kelompok yang harus didampingi dengan berbagai masalahnya.

"Dengan kegiatan semacam ini diharapkan nantinya para pendamping sosial ini memiliki bekal dan keterampilan sehingga benar-benar siap dan mumpuni untuk mendampingi KPM dalam pengelolaan bantuan yang diberikan oleh pemerintah, sehingga ke depan KPM penerima bantuan KUBE dapat keluar dari kondisi kemiskinan," tukas Aziz dalam keterangan tertulis yang diterima wowbabel, Kais (29/3/2018).

Sementara kasie PFMK, Dyah selama kegiatan selalu mengingatkan kepada para peserta (pendamping sosial KUBE) agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

"Ilmu yang disampaikan oleh narasumber belum pernah disampaikan sebelumnya, apalagi ini berkaitan langsung dengan teknik - tehnik yang harus dimiliki dan dikuasai oleh para pendamping sosial KUBE, sehingga dapat membantu menghadapi dan memecahkan masalah dalam proses pendampingan yang dilaksanakan," ujarnya.

Ia berharap setelah dilakukan bimtab ini ke depan keberhasilan pengentasan kemiskinan melalui KUBE dapat meningkat.

Penulis : Suryan (Pendamping Sosial) 

Halaman